Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendanaan lewat BEI Tahun Ini Jadi yang Terbesar Sepanjang Sejarah

Kompas.com - 16/09/2021, 08:09 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan fund rising atau penggalangan dana yang diperoleh tahun ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah bursa.

Hal ini ditopang oleh right issue PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) sebesar Rp 95,9 triliun.

Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI), I Gede Nyoman Yetna menjelaskan, BRI merupakan salah satu perusahaan yang melakukan right issue di tahun 2021, dan jika seluruh right issue terserap, maka ini akan menjadi nilai fund rising terbesar sepanjang sejarah bursa.

Baca juga: Holding Ultramikro Terbentuk, Pemerintah Alihkan Saham Pegadaian dan PNM ke BRI

“Saat ini right issue BBRI masih dalam tahap pelaksanaan dan apabila right issue yang direncanakan seluruhnya terserap pasar, maka total fundraised dari right issue BBRI sebesar Rp 95,9 triliun. Jumlah tersebut merupakan nilai fundraised terbesar sepanjang sejarah Bursa,” kata Nyoman kepada wartawan, Rabu (14/9/2021).

Nyoman mengungkapkan, hingga tanggal 14 September 2021, dengan asumsi right issue oleh BBRI sudah dilaksanakan seluruhnya, maka total realisasi fundraised yang berasal dari right issue perusahaan tercatat adalah sebesar Rp 149,27 triliun.

Saat ini masih terdapat 43 Perusahaan Tercatat yang berada dalam pipeline right issue bursa dengan estimasi fundraised sebesar Rp 23,24 triliun.

Sebelumnya, Nyoman mengatakan, hingga saat ini sudah tercapai 44 pencatatan baru, 38 diantaranya adalah pencatatan saham melalui IPO dengan total fundraising dari 38 saham yang dicatatkan tersebut sebesar Rp 32,1 triliun.

Baca juga: BRI: Dana Right Issue Akan Digunakan untuk Bangun Ekosistem Ultramikro

“Indikator pasar modal seperti rata-rata nilai transaksi harian (RNTH), dan jumlah investor mengalami pertumbuhan di tahun 2021, menjadi faktor penting dalam memprediksi pasar modal di masa mendatang. Sentimen positif terkait perkembangan ekonomi global maupun domestik dari para pelaku pasar modal, serta dukungan dan komitmen dari regulator-regulator terkait, kami optimis kegiatan IPO di tahun depan akan lebih promising,” tegas Nyoman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com