Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Lutfi: Harga dan Stok Bahan Pokok di Masa PPKM Terkendali dan Stabil

Kompas.com - 17/09/2021, 15:38 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan harga dan stok bahan pokok di masa penerapan PPKM terkendali dan stabil.

Bahkan Mendag menyebut ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga. Komoditas tersebut yaitu beras, gula pasir, daging sapi, telur ayam ras, bawang merah, kedelai, dan bawang putih

"Kalau kita lihat harga dan stok bahan pokok di masa PPKM ini juga terkendali dan stabil," ujar Mendag Lutfi dalam konferensi pers Kinerja Perdagangan Agustus 2021 secara virtual, Jumat (17/9/2021).

Baca juga: PT PAL Dapat Lisensi Bikin Kapal Perang Canggih dari Inggris

Mendag memastikan bahwa kebutuhan pokok berupa beras, gula pasir, daging sapi, telur ayam ras, bawang merah, kedelai, dan bawang putih, akan tersedia untuk 1 hingga 2 bulan ke depan.

Sementara itu berdasarkan data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategi (PIHPS) Nasional, komoditas yang terpantau mengalami penurunan di akhir pekan, Jumat (17/9/2021) adalah cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawit hijau hingga bawang merah ukuran sedang.

Cabai merah besar terpantau merosot sebesar Rp 600 atau 2,07 persen menjadi Rp 28.350 per kilogram. Cabai merah keriting juga serupa yang turun sebesar Rp 450 atau 1,59 persen menjadi Rp 27.900 per kilogram, dan cabai rawit hijau turun sebesar Rp 300 atau 0,86 persen menjadi Rp 34.650 per kilogram.

Sementara bawang ukuran sedang merosot sebesar Rp 450 atau 1,46 persen menjadi Rp 30.300 per kilogramnya.

Baca juga: Menko Airlangga Sebut Pertumbuhan Ekonomi dan Covid-19 seperti 2 Siklus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com