Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Lutfi Minta Pedagang Pasar Manfaatkan Platform Digital

Kompas.com - 17/09/2021, 17:11 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meminta seluruh pedagang yang berada di pasar rakyat memanfaatkan platform digital untuk memasarkan barang dagangannya.

Sebab menurut Mendag, pedagang pasar yang sudah memanfaatkan platform digital bisa menaikkan omzetnya.

"Jadi pedagang yang ketika Covid-19 (sudah) on boarding digitalisasi, mereka malah naik omzetnya 40 persen, bukan seperti pedagang lainnya yang rata-rata hilang omzet," ujar Mendag Lutfi dalam konferensi pers Kinerja Perdagangan Agustus 2021 secara virtual, Jumat (17/9/2021).

Baca juga: Mendag: Ekonomi Digital Akan Mengikis Gap antara Orang Kaya dan Miskin

Oleh sebab itu, lanjut Mendag, pihaknya akan gencar mendorong para pedagang pasar masuk ke platform digital supaya para pedagang mempunyai opsi lain untuk memasarkan dagangannya.

"Saya ingin menaikkan standarnya, karena untuk keuntungan dan keberpihakan kita kepada pedagang pasar rakyat kita," ungkap Mendag.

Mendag menyakini, perkembangan ekonomi digital akan mengikis jarak antara orang kaya dan miskin.  Oleh karena itu, Mendag mematok target pedagang untuk masuk ke ekosistem digital.

"Saya percaya itu dan Insha Allah tahun depan saya ingin setidaknnya setiap tahun ada 1 juta pedagang yang on boarding untuk digitalisasi," ungkap Mendag Lutfi.

Sebelumnya, Mendag mengatakan perkembangan ekonomi digital juga sudah jadi perhatian global. Bahkan kata Mendag, salah satu topik yang dibahas di sidang ASEAN yaitu masalah ekonomi digital.

Baca juga: Manfaatkan E-commerce, UMKM Tetap Cuan di Tengah Pandemi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com