Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Catat Pengajuan KPR dan Kredit Kendaraan Bermotor Mulai Melonjak

Kompas.com - 18/09/2021, 08:19 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) mencatat adanya lonjakan pembiayaan melalui utang atau kredit oleh rumah tangga, termasuk untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).

Catatan BI tersebut didasari dari hasil survei permintaan pembiayaan rumah tangga pada Agustus 2021. Survei mencatat sebanyak 8,7 persen dari total responden menyatakan melakukan penambahan utang.

Angka tersebut lebih tinggi dari pada bulan sebelumnya yang tercatat 7,6 persen responden melakukan penambahan utang.

Baca juga: BI: Ini Sektor-sektor Bisnis yang Dorong Penyaluran Kredit Naik pada Agustus 2021

Adapun responden rumah tangga yang menyatakan tidak melakukan penambahan pembiayaan sebesar 91,3 persen dari total responden.

Kepala Departemen Komunikasi Direktur Eksekutif Bank Indonesia Erwin Haryono menegaskan bahwa penambahan permintaan pembiayaan oleh rumah tangga pada Agustus 2021 memang terpantau meningkat.

“Bank umum masih menjadi preferensi sumber utama penambahan pembiayaan responden rumah tangga, dengan jenis pembiayaan yang diajukan mayoritas berupa Kredit Multi Guna dan Kredit Kendaraan Bermotor,” ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip pada Sabtu (18/9/2021).

Menurut jenis pembiayaan yang diajukan, Kredit Multi Guna (KMG) masih merupakan jenis produk yang paling banyak diajukan oleh rumah tangga pada Agustus 2021 dengan pangsa sebesar 35,5 persen dari total pengajuan pembiayaan baru.

Baca juga: Pengertian Rumah Subsidi, Syarat, dan Dokumen Pengajuan KPR Bersubsidi

Capaian itu diikuti oleh KKB dan KPR masing-masing sebesar 21,4 persen dan 14 persen dari total pengajuan kredit pada Agustus 2021.

Meski begitu, pengajuan KMG pada Agustus 2021 tercatat melemah dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 45,7 persen dari total responden.

Sementara itu, pengajuan baru untuk KPR meningkat dari 8,3 persen menjadi 14 persen dari total responden.

Begitu juga KKB yang meningkat dari 19,7 menjadi 21,4 persen dari total responden. Kredit peralatan rumah tangga juga terpantau meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

Pada Agustus 2021, bank umum masih menjadi preferensi sumber utama penambahan pembiayaan responden rumah tangga dengan pangsa sebesar 32,9 persen.

“Sumber pembiayaan lain untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan responden rumah tangga pada Agustus 2021 antara lain dari koperasi, leasing, dan teman/kerabat, dengan pangsa masing-masing sebesar 17,3 persen, 14,8 persen, dan 12,2 persen,” sebut Erwin.

Baca juga: Pahami 7 Perbedaan KPR Subsidi dan Nonsubsidi Sebelum Beli Rumah

Ditinjau menurut tingkat pengeluaran responden, pengajuan pembiayaan pada Agustus 2021 paling banyak diajukan oleh rumah tangga dengan tingkat pengeluaran Rp 1-3 juta per bulan yaitu sebanyak 44 persen dari total pengajuan.

Capaian itu diikuti oleh rumah tangga berpengeluaran Rp 3-5 juta per bulan (pangsa 42,5 persen) yang terpantau meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

Sementara pengajuan dari kelompok tingkat pengeluaran lebih dari Rp 5 juta per bulan sedikit berkurang.

“Tingkat suku bunga menurut responden rumah tangga masih menjadi aspek pertimbangan utama dalam pengajuan pembiayaan pada Agustus 2021 (pangsa 29,2 persen jawaban responden),” tandasnya.

Baca juga: Kenali Apa Itu AJB dan Bedanya dengan PPJB Saat Beli Rumah atau Tanah

Sedangkan faktor lainnya yang cukup berpengaruh menurut rumah tangga antara lain administrasi (pangsa 19,4 persen) serta faktor persetujuan dari lembaga peminjam (pangsa 17,2 persen).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com