Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nakes Kesulitan ke RS gara-gara Krisis BBM di Inggris

Kompas.com - 28/09/2021, 12:25 WIB
Mutia Fauzia

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Tenaga kesehatan dan industri transportasi di Inggris mencemaskan krisis BBM di Inggris yang mungkin mendisrupsi jasa, layanan penting, atau industri secara umum.

Pasalnya, krisis BBM yang disebabkan oleh rantai pasok Inggris yang sedang terganggu telah membuat masyarakat setempat 'panic buying' dan banyak SPBU mengalami kelangkaan pasokan.

Dilansir dari Financial Times, Selasa (28/9/2021), industri jasa kesehatan dan industri esensial meminta akses prioritas untuk mendapatkan BBM agar layanan mereka bisa tetap berjalan.

Saat ini, sebanyak 8.000 SPBU di Inggris memgalami kekurangan pasokan BBM.

Pemerintah setempat pun saat ini tengah menyiapkan militer untuk membantu proses penyaluran BBM.

Baca juga: Kelangkaan Sopir Truk Sebabkan Krisis BBM di Inggris

Menteri-menteri yang berkewenangan menyatakan, tentara pengemudi tanker di Inggris bakal dilibatkan bila rantai pasok tak kunjung berjalan normal dan memastikan BBM bisa disalurkan ke lokasi-lokasi yang paling membutuhkan.

Asosiasi Layanan Kesehatan setempat mengatakan krisis BBM di Inggris membuat tenaga kesehatan yang melakukan mobilitas dengan mobil tertahan untuk berangkat kerja.

Di sisi lain, taksi dan perusahaan pengiriman mengatakan, keterbatasan pasokan BBM menyebabkan disrupsi besar-besaran di rantai pasok pasar.

Pimpinan Asosiasi Layanan Kesehatan Inggris Chaand Nagpaul mengatakan, tenaga kesehatan perlu diberi akses untuk mendapatkan BBM.

"Apakah untuk pergi ke rumah sakit, tempat praktik, atau lokasi layanan kesehatan lain, serta bagi ambulans untuk menjemput orang yang berada dalam kondisi darurat," ujar Nagpaul.

"Seiring dengan keterbatasan BBM di SPBU, ini merupakan risiko bagi tenaga kesehatan sehingga tak mampu melakukan pekerjaan mereka. Tenaga kesehatan dan pekerja esensial sehingga perlu ada akses prioritas untuk BBM," jelas dia.

Baca juga: Inggris Alami Krisis Bahan Bakar, Tentara Diminta Turun Tangan Tenangkan Kepanikan

Penyebab krisis BBM di Inggris

Krisis BBM di Inggris disebabkan oleh kelangkaan sopir truk yang terjadi sejak sebelum pandemi Covid-19.

Asosiasi Kendaraan Pengangkutan (RHA) setempat mengatakan, Inggris telah kekurangan sebanyak 60.000 pengemudi kendaraan berat sejenis truk sejak sebelum pandemi.

Kala itu, sebanyak 600.000 sopir truk dipekerjakan di Inggris, dengan sebanyak 60.000 di antaranya berasal dari negara anggota Uni Eropa. Setelah pandemi, jumlah kekurangan pengemudi truk tersebut pun meningkat menjadi sebanyak 100.000 sopir.

Di dalam survei yang dilakukan oleh RHA pada Juni lalu, Brexit disebut-sebut sebagai penyebab utama kelangkaan sopir truk di Inggris.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com