Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Persiapan BEI Sambut IPO Decacorn, Unicorn, Hingga Centaur

Kompas.com - 29/09/2021, 14:21 WIB
Kiki Safitri,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Penilai Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI), I Gede Nyoman Yetna, saat ini tengah bersiap untuk menyambut rencana IPO perusahaan-perusahaan Decacorn, Unicorn, hingga Centaur.

“Terkait dengan persiapan BEI untuk kelanjutan rencana IPO Centaur, Unicorn, dan Decacorn, BEI tanggap terhadap perkembangan dan perubahan model bisnis perusahaan-perusahaan di Indonesia, dan mencoba untuk bersifat adaptif dan proaktif,” kata Nyoman kepada wartawan, Rabu (29/9/2021).

Baca juga: Belum Lama Melantai di BEI, Saham Bukalapak Masuk LQ45

Nyoman mengatakan, ada beberapa hal yang dilakukan BEI untuk rencana IPO Decacorn, Unicorn, dan Centaur, antara lain dengan aktif berkoordinasi dengan OJK dalam proses penyusunan Rancangan Peraturan OJK (RPOJK) tentang Penerapan Klasifikasi Saham Dengan Hak Suara Multipel di Indonesia.

Nyoman juga menyebut saat ini BEI juga dalam proses melakukan perubahan Peraturan I-A untuk membukakan ‘pintu-pintu’ atau opsi yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai sektor industri, termasuk perusahaan-perusahaan teknologi yang valuasi-nya sudah mencapai Centaur, Unicorn, dan Decacorn, dengan tetap memperhatikan kualitas Perusahaan Tercatat.

“BEI berharap kedua peraturan tersebut di atas dapat segera difinalisasi untuk kemudian segera dapat digunakan oleh stakeholer Pasar Modal Indonesia,” jelas Nyoman.

Di sisi lain, Nyoman memastikan BEI senantiasa adaptif dan mendukung calon Perusahaan Tercatat yang akan melakukan IPO dan mencatatkan efeknya di BEI, baik itu perusahaan dengan model bisnis konvensional, maupun perusahaan yang bergerak pada sektor teknologi, seperti Centaur, Unicorn, dan Decacorn.

Baca juga: BEI Hadirkan Layanan Data untuk UMKM

“BEI cukup intens menyelenggarakan kegiatan sosialisasi go public kepada para stakeholder. Kegiatan tersebut dikemas dalam kegiatan sosialisasi one-on-one antara BEI dengan calon Perusahaan Tercatat, maupun melakukan webinar berkolaborasi antara BEI, Underwriter, Perusahaan Tercatat, yang bekerja sama dengan komunitas, asosiasi, maupun Venture Capital,” tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com