Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Sebut QRIS Permudah Pelaku Usaha Dapatkan Pembiayaan, ini Alasannya

Kompas.com - 01/10/2021, 13:10 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan, digitalisasi pada layanan keuangan dapat membantu pelaku usaha, khususnya pada segmen UMKM untuk mendapatkan akses permodalan.

"Kita lihat pondasi digital Indonesia seperti penetrasi internet dengan digitalsiasi sebenarnya menjadi modal penting memperluas inkulisivitas keuangan untuk UMKM," kata Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Filianingsih Hendarta, dalam diskusi virtual, Kamis (30/9/2021).

Untuk memaksimalkan potensi penetrasi internet tersebut, bank sentral mengandalkan QR Indonesia Standard atau QRIS, guna memfasilitasi pelaku UMKM masuk ke dalam ekosistem keuangan formal.

Baca juga: Digitalisasi Jadi Strategi Bank BJB Catatkan Pertumbuhan Positif di Tengah Pandemi

Pemanfaatan QRIS secara langsung dapat membantu pelaku usaha mendapatkan akses pembiayaan atau permodalan dari lembaga keuangan formal.

Filianingsih menjelaskan, data transaksi yang tercatat dalam QRIS, dapat mempermudah bank sentral dalam melakukan analisis atau profiling pada pelaku UMKM.

"Sehingga data transaksi pembayaran dapat digunakan sebagai credit scoring yang mendorong keyakinan bank atau non bank untuk menyalurkan kredit," katanya.

Sebagai informasi, sampai dengan pertengahan September 2021, BI mencatat jumlah merchant yang telah terhubung dengan QRIS mencapai 10,45 juta merchant, atau setara 87 persen target tahun ini.

"(QRIS) ini bisa menjadi pintu masuk UMKM untuk masuk untuk pembayaran hingga permodalan," ucap Filianingsih.

Baca juga: Penggunaan QRIS Lintas Negara Bakal Diperluas ke Malaysia dan Arab Saudi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com