Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jadwal dan Tarif Kereta Jakarta-Surabaya Ekonomi KA Airlangga

Kompas.com - 01/10/2021, 18:42 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Harga tiket kereta api Jakarta-Surabaya 2021 kini lebih murah dengan adanya KA Airlangga yang secara resmi diluncurkan mulai Jumat (1/10/2021).

Ya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) baru saja meluncurkan kereta api baru yaitu KA Airlangga rute Jakarta-Surabaya dengan relasi Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi PP.

Peluncuran KA Airlangga diresmikan oleh Direktur SDM dan Umum KAI Agung Yunanto bersama Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Danto Restyawan.

Baca juga: KAI Luncurkan KA Airlangga Rute Jakarta-Surabaya dengan Tarif Subsidi

Praktis, KA Airlangga menjadi solusi bagi masyarakat yang kerap mencari informasi seputar tiket kereta Jakarta-Surabaya ekonomi.

Pasalnya, rute kereta api Jakarta-Surabaya yang dilalui KA Airlangga hampir sama dengan kereta lainnya, melalui sejumlah stasiun yang tersebar di jalur Jakarta hingga Surabaya dan sebaliknya.

Berikut ini ringkasan mengenai tarif dan jadwal kereta api Jakarta-Surabaya 2021 khusus menggunakan KA Airlangga yang baru saja diresmikan.

Tarif KA Airlangga 2021

KA Airlangga menjadi salah satu kereta api yang beroperasi dengan tarif bersubsidi karena mendapatkan Public Service Obligation (PSO) dari pemerintah.

KA Airlangga dioperasikan berdasarkan penugasan Kementerian Perhubungan kepada KAI melalui surat dengan nomor KA.005/1/25/K2/DJKA/2021 pada 28 September 2021 perihal Pengoperasian KA Airlangga Sebagai KA Kewajiban Pelayanan Publik/Public Service Obligation (PSO).

“Kami bangga ditugaskan oleh Bapak Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api untuk menyelenggarakan pengoperasian KA PSO yaitu KA Airlangga sebagai bentuk peran strategis pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Perkeretaapiaan,” Ujar Agung Yunanto dalam keterangan resminya, Jumat (1/10/2021).

Baca juga: Aset KAI di Stasiun Gambir dan Juanda Dipakai untuk Pengembangan Masjid Istiqlal

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Danto Restyawan mengatakan juga buka suara terkait hal ini.

Menurutnya, hadirnya KA Airlangga ini merupakan suatu bentuk kehadiran pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan dalam memberikan layanan kepada semua masyarakat yang murah, andal, aman, dan nyaman.

“Dalam rangka meningkatkan pelayanan kereta api PSO, hari ini telah dioperasikan KA Airlangga yang melayani Pasar Senen menuju Surabaya Pasar Turi. KA Airlangga hadir untuk menjadi alternatif kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan,” kata Danto Restyawan.

Tarif KA Airlangga yaitu Rp 49.000 untuk jarak tempuh 0-290 Km dan Rp 104.000 untuk jarak tempuh lebih dari 290 Km. Itulah harga tiket kereta api Jakarta-Surabaya 2021 jika naik KA Airlangga.

Tarif kereta api Jakarta-Surabaya KA Airlangga tersebut sudah termasuk subsidi yang diberikan pemerintah melalui PSO yang diselenggarakan melalui kereta tersebut.

Baca juga: Menhub Senang Ada Integrasi Tarif KRL, Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta

Tiket kereta Jakarta-Surabaya ekonomi KA Airlangga dapat dibeli di aplikasi KAI Access, website KAI, loket, dan seluruh channel penjualan lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com