Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeff Bezos Dikabarkan Berinvestasi di Startup Indonesia

Kompas.com - 04/10/2021, 09:09 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

JAKARTA, KOMPAS.com - Orang terkaya di dunia sekaligus pendiri e-commerce Amazon, Jeff Bezos, telah berinvestasi di salah satu startup Indonesia. Startup yang dimaksud adalah startup berusia 1,5 tahun, e-commerce Ula.

Mengutip Techcruch, Senin (4/10/2021), startup tersebut memang telah banyak merayu investor terkenal dan mengumpulkan investasi lebih dari 30 juta dollar AS.

Perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta itu sedang dalam tahap pembicaraan lanjutan untuk menyelesaikan putaran pendanaan baru dengan target lebih dari 80 juta dollar AS.

Baca juga: Kehilangan Rp 8,7 Triliun, Jeff Bezos Masih Orang Terkaya di Dunia

Beberapa investor eksistingnya, antara lain B Capital Group, Sequoia Capital India, Lightspeed Venture Partners, dan Quona Capital.

Menurut sumber, Jeff Bezos telah setuju berinvestasi di Ula melalui kantor keluarganya, Ekspedisi Bezos. Namun dia meminta tak disebutkan namanya (anonim) karena masalah ini bersifat pribadi.

Sementara B Capital Group, Tencent, dan Prosus Ventures memposisikan diri untuk memimpin putaran investasi baru ini, yang bisa ditutup secepatnya bulan ini.

Ketertarikan Bezos pada startup Ula, yang mengoperasikan platform e-commerce bisnis-ke-bisnis (business to business), datang pada saat Amazon belum memasuki sebagian besar negara Asia Tenggara, atau setidaknya mempertahankan kehadiran Amazon yang terbatas di wilayah tersebut.

Sebagai informasi, Ula membantu pengecer kecil mengatasi inefisiensi yang mereka hadapi dalam rantai pasokan, inventaris, dan modal kerja.

Startup ini mengoperasikan pasar e-commerce grosir untuk membantu pemilik toko hanya menyimpan inventaris yang mereka butuhkan, dan memberi modal kerja.

Ula didirikan oleh Nipun Mehra, seorang mantan eksekutif Flipkart di India dan mantan mitra di Sequoia Capital India, Alan Wong yang sebelumnya bekerja dengan Amazon, Derry Sakti yang mengawasi operasi raksasa barang konsumen P&G di Indonesia, dan Riky Tenggara yang sebelumnya dengan Lazada dan aCommerce

Baca juga: Kehilangan Rp 8,7 Triliun, Jeff Bezos Masih Orang Terkaya di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com