Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BEI Masuk Musim Window Dressing, Simak yang Perlu Dicermati

Kompas.com - 04/10/2021, 11:03 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bursa Efek Indonesia (BEI) memasuki musim window dressing atau fenomena kenaikan harga saham menjelang akhir tahun yang disebabkan oleh aksi manajer investasi untuk mempercantik portofolionya, perlu disikapi secara bijak oleh investor.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan, pada periode window dressing umumnya harga saham akan menguat yang tercermin dari posisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang cenderung uptrend.

Namun demikian, William tidak menyarankan investor melakukan akumulasi beli secara asal-asalan tanpa adanya strategi investasi yang benar.

Baca juga: Cara Buka Rekening Saham, Syarat Dokumen dan Daftar Sekuritas yang Berlisensi OJK

“Seperti biasanya window dressing membuat IHSG menguat bersama dengan harga saham, umumnya saham-saham dari LQ45. Tentunya tidak disarankan kalau investor membeli saham hanya karena window dressing, tetap harus menyusun strategi seperti pengukuran trend, support, dan resistance pada chart,” kata William kepada Kompas.com, Senin (4/10/2021).

Sementara Perencana Keuangan Finansialku Gembong Suwito menuturkan, pada periode Oktober 2021 ini rata-rata harga saham akan naik menjelang masuknya musim window dressing hingga akhir tahun nanti. Kenaikan juga terlihat dari posisi IHSG yang pada pekan ini berada dalam fase uptrend.

“Pekan ini secara teknikal IHSG masih dalam fase kenaikan, periode Oktober ini rata-rata saham akan naik, terutama saham-saham bluechips yang sekarang sudah mulai rebound. Indeks sektoral yang kuat naiknya misalnya energi terutama di batu bara,” ucap Gembong.

Hal senada juga disampaikan William. Dia bilang menjelang window dressing, sektor energi seperti batu bara diprediksi akan menguat. William merekomendasikan beberapa saham energi seperti Adaro Energy (ADRO), Indo Tambangraya Megah (ITMG), dan Bukit Asam (PTBA) untuk dikoleksi.

“Di masa window dressing menjelang akhir tahun sektor yang menguat pada sektor energi seperti batubara. Jadi saham – saham seperti ADRO, ITMG, PTBA, INDY, dan HRUM bisa jadi pilihan,” ujar William.

Demikian juga menurut Mino, Equity Analyst Indo Premier Sekuritas.

Menurut dia, sektor yang patut dicermati menjelang periode window dressing ini adalah sektor keuangan, telekomunikasi dan pertambangan.

Baca juga: Ini Cara Bijak Sikapi Unggahan Rekomendasi Saham di Sosial Media

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com