Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kerumunan di Destinasi Unggulan, Sandiaga Uno Perkuat Desa Wisata

Kompas.com - 05/10/2021, 10:39 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, saat ini desa-desa wisata yang dipersiapkan sebagai alternatif kunjungan wisatawan, mulai menunjukkan perkembangan positif.

“Betul, saya baru berkunjung hari Sabtu ke Pantai Carita dan Pantai Anyer sudah mulai terlihat geliatnya, saya juga berkunjung ke Lampung di desa wisata Kampung Kopi dan di Desa Wisata Warna, Ekowisata Kampung Burai di Sumatera Selatan sudah mulai terlihat geliatnya,” ujar Sandiaga dalam weekly press briefing Senin (4/10/2021).

Sandiaga mengatakan, pihaknya terus berupaya memperkuat daya tarik dan potensi desa-desa wisata. Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak memadati kawasan wisata unggulan, sehingga berpotensi menghambat pemulihan pariwisata.

Baca juga: Sandiaga Uno: Tempe Indonesia Bakal Hadir di Supermarket Terbesar di Jepang

“Kemenparekraf memperkuat potensi dan daya tarik desa wisata agar berkembang menjadi alternatif kunjungan, sehingga tidak ada kerumunan di destinasi unggulan. Desa wisata ini mengambil peran dalam pemulihan pariwisata kita yang berkualitas, berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” jelas Sandiaga.

Sandiaga juga berpesan agar masyarakat dan pengelola wisata bisa terus berdisiplin melakukan protokol kesehatan dan percepatan vaksin Covid-19. Di sisi lain, ia juga gencar agar pengelola dapat mengintegrasikan kedisiplinan protokol kesehatan melalui aplikasi PeduliLindungi.

“Kuncinya adalah bagaimana penerapan protokol kesehatan secara ketat, dan disiplin yang terintegrasi melalui aplikasi PeduliLindungi. Kita harus pastikan semuanya patuh,” ungkap dia.

Ia juga mengingatkan, penerapan protokol kesehatan yang disiplin penting dilakukan agar kasus yang terjadi di AS tidak terjadi di Indonesia. Sandiaga mengatakan, AS sebelumnya bereksperimen melepas masker, namun akibat hal tersebut malah mendorong kenaikan kasus di negeri Paman Sam tersebut.

“Kita jangan sampai, dan Kemenparekraf sendiri akan berupaya mempersiapkan distinasi-destinasi trsebut, serta sentra ekonomi kreatif yang patuh dengan protokol kesehatan, tersertifikasi CHSE, dan terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi,” tegas dia.

Baca juga: Sandiaga Uno: Bandara Ngurah Rai Bali Dibuka untuk Uji Coba Penerbangan Turis Mancanegara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com