Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Belanja yang Baik untuk Kesehatan Mental

Kompas.com - 05/10/2021, 14:11 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi pandemi yang penuh ketidakpastian membawa tantangan bagi banyak individu di seluruh dunia dan tidak jarang menyebabkan kecemasan, stres, hingga depresi.

Hal ini pun menyebabkan banyak masyarakat yang tidak peduli untuk merawat dirinya demi menjaga kesehatan fisik dan mental atau yang sering disebut dengan self-care.

Psikolog Klinis di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia dan Klinik Tiga Generasi Sri Juwita Kusumawardhani mengatakan, self-care penting untuk dilakukan secara rutin dan teratur, bukan hanya ketika memiliki waktu luang saja.

"Tapi hal ini dapat mengurangi rasa stres yang ditimbulkan oleh berbagai tanggung jawab sehari-hari. Salah satu cara self-care untuk menimbulkan perasaan bahagia adalah dengan berbelanja," ujar perempuan yang kerap dipanggil Wita tersebut dalam siaran persnya, Jakarta, Selasa (5/10/2021).

Baca juga: Ini Pintu Masuk Kedatangan Internasional Selama PPKM 5-18 Oktober 2021

Walau demikian kata dia, berbelanja harus sesuai bujet agar tidak semakin menambahkan beban pikiran. Selain itu, manfaatkan promo agar lebih hemat sehingga dapat memberikan kepuasan dan kebahagiaan berlipat.

Wita menyebut ada 3 tips berbelanja yang dapat dilakukan sebagai bentuk self-care yang baik untuk kesehatan mental.

1. Belanja di momen berharga

Dia mengatakan belanja di momen berharga dapat memberikan perasaan bahagia yang berbeda dan lebih tahan lama di dalam diri karena dapat diingat-ingat kembali di kemudian hari.

Terlebih jika momen berharga itu dinikmati bersama orang-orang terkasih. Misalnya  melakukan staycation dengan keluarga atau makan bersama di restoran yang sudah lama ingin dicoba.

Momen-momen tersebut akan memberikan kebahagiaan dan dampak positif terhadap kesehatan mental.

Memanfaatkan berbagai promo yang ada saat belanja di momen bahagia. Misalnya promo di e-commerce.

Baca juga: Naik, Harga Cabai Rawit Merah Sentuh Rp 38.550

2. Belanja untuk orang lain

Wita mengatakan berbagi dengan orang lain terbukti dapat mengaktivasi area otak yang mengatur sistem reward dan menghasilkan rasa tenang dan senang yang baik untuk kesehatan mental.

“Terdapat 3 hal yang perlu dipenuhi agar berbelanja untuk orang lain dapat berdampak positif kepada diri sendiri, yaitu berbelanja untuk orang yang dianggap dekat, memberikan dampak yang berarti, dan merasa bebas untuk menentukan barang yang ingin diberikan,” kata Wita.

3. Belanja menggunakan promo

Wita menjelaskan, salah satu cara self-reward adalah belanja barang-barang yang sudah ada di wishlist, terlebih jika berhasil membeli barang incaran dengan promo yang bisa menambah tingkat kepuasaan.

“Self-care juga erat kaitannya dengan memberikan penghargaan kepada diri sendiri, atau sering disebut dengan self-reward, agar lebih termotivasi dan tetap bersemangat,” ucap Wita.

Baca juga: Grup GoTo dan Multipolar Berencana Suntik Modal ke Hypermart

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com