Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rights Issue, Bank Banten Tetapkan Harga Rp 77 Per Saham

Kompas.com - 05/10/2021, 15:53 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk atau Bank Banten menetapkan harga pelaksanaan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) VII atau rights issue sebesar Rp 77 per saham.

Direktur Utama Bank Banten Agus Syabarrudin mengatakan, dengan harga tersebut, bank dengan kode emiten BEKS itu dapat menjadi opsi bagi para investor yang ingin melakukan investasi jangka panjang.

Pasalnya, harga rights issue itu masih lebih rendah dibanding harga pasar. Pada sesi perdagangan hari ini, Selasa (5/10/2021), harga saham BEKS ditutup pada level Rp 88 per saham.

"Kalau dilihat dari sisi harga dan capital market yang ada, maka smart investor akan mempertimbangkan Bank Banten sebagai pilihan investasi jangka panjangnya," kata Agus, kepada Kompas.com, Selasa.

Baca juga: Bea Cukai Cuci Gudang Besar-besaran, 167 Mobil Dilelang secara Online

Selain itu, Agus menyebutkan, saat ini Bank Banten merupakan bank pembangunan daerah (BPD) dengan harga saham paling rendah.

Tercatat pada sesi perdagangn hari ini, PT BPD Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) dan PT BPD Jawa Timur Tbk (BJTM) harganya masing-masing ditutup sebesar Rp 1.425 dan Rp 735.

Menurut Agus, dengan berbagai program Pemerintah Provinsi Banten yang tengah atau akan dilaksanakan, Bank Banten memiliki potensi untuk tumbuh pesat, menyusul BPD lain.

"Potensi dongkrak harga itu terbuka lebar pada saat ini," ujarnya.

Dengan rights issue, Bank Banten berencana mempercepat pertumbuhan bisnis perusahaan, melalui penambahan modal kredit dan berbagai pengembangan bisnis melalui penguatan struktur keuangan perusahaan.

Baca juga: Bakal Gelar Rights Issue, Bank Banten Perkuat Penyaluran Kredit hingga Pengembangan Layanan Digital

"Strategi kami mempersiapkan akselerasi bisnis di fase kedua yaitu di 2022, kemudian kami akan terus melakukan pengembangan sustainable growth di 2023, dan di 2024 kami berharap sekali Bank Banten dengan dukungan semua stakeholders nanti berembang. Maka di 2024 kami siap menjadi market leaders," ucap Agus.

Sebagai informasi, dalam gelaran rights issue, Bank Banten menawarkan sebanyak-banyaknya sebesar 23,39 miliar saham baru seri C atas nama atau setara dengan 34,79 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah pelaksanaan PMHMETD dengan nilai nominal Rp 50 per saham.

Berdasarkan Prospektus yang dirilis perseroan, tanggal efektif pernyataan pendaftaran HMETD dari Otoritas Jasa Keuangan yaitu 30 September 2021.

Adapun periode perdagangan HMETD berlangsung dari 14-21 Oktober 2021 dan akan tercatat di BEI pada 14 Oktober 2021.

Baca juga: Pemprov Banten Setujui Pemisahan Bank Banten dengan Banten Global Development

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com