Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Minta Industri Batu Bara Dahulukan Kebutuhan di Dalam Negeri

Kompas.com - 06/10/2021, 14:56 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah harga batu bara yang melambung di pasar internasional, PT PLN menegaskan industri batu bara lokal harus mendahulukan pemenuhan kebutuhan di dalam negeri.

Direktur Perencanaan Korporat PT PLN, Evy Haryadi bilang, PLN dibantu oleh pemerintah terkait dengan kebijakan penjualan batu bara ke domestik (DMO) terkait dengan masalah harga batu bara yang tinggi di internasional.

"Kami mengharapkan dukungan dari industri batu bara dalam negeri dalam memenuhi kebutuhan energi PLN jangan sampai dengan harga yang tinggi di luar negeri, batu bara yang kita punyai seluruhnya terekspor ke luar negeri, tentu didahulukan kebutuhan dalam negeri," ujarnya dalam Webinar diseminasi RUPTL PLN 2021 s.d. 2030, Selasa (5/10/2021).

Baca juga: Puji Bangunan Megah Mimika Sport Complex, Luhut: Lelah Saya Terbayar Lunas

Haryadi menegaskan, apa pun yang terjadi di luar negeri tentunya industri batu bara lokal harus bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Tentunya ada kebijakan pemerintah baik dari sisi kepentingan PLN maupun kepentingan kelistrikan dalam negeri dan pengusaha batu bara," ujarnya.

Dalam beberapa tahun mendatang, proyeksi kebutuhan batu bara sebagai bahan bakar pembangkit listrik masih berkontribusi signfikan. Melansir materi PLN di dalam Webinar diseminasi RUPTL PLN 2021 sampai dengan 2030, proyeksi kebutuhan bahan bakar batu bara di 2021 sebesar 111 juta ton.

Kemudian, kebutuhan batu bara mengalami tren kenaikan mulai dari 2022 sebesar 115 juta ton hingga di 2024 menjadi 131 juta ton.

Namun, di 2025 proyeksi kebutuhan batu bara sempat turun menjadi 124 juta ton. Berlanjut di 2026 sampai 2030, kebutuhan batu bara kembali mengalami tren kenaikan yakni dari 131 juta ton di 2026 menjadi 153 juta ton di 2030.

Haryadi memaparkan, proyeksi kebutuhan bahan bakar seiring dengan pola pertumbuhan pembangkitan yang ada.

Kebutuhan bahan bakar gas dan batubara masih tumbuh secara beban dikarenakan masih adanya proyek on going yang sedang berjalan di sisi pembangkit-pembangkit termal walaupun sudah menambahkan pembangkit EBT di dalam sistem PLN. (Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto)

Baca juga: Indomie Goreng Jadi Mie Goreng Instan Terenak Menurut NY Magazine

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Harga melambung, PLN minta kebutuhan batubara dalam negeri didahulukan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com