Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab IHSG Melesat dan Tembus Level 6.400

Kompas.com - 07/10/2021, 06:51 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para analis menilai ada sejumlah penyebab yang membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik tajam 2,06 persen atau melesat 129,27 poin ke level 6.417,32 pada Rabu (6/10/2021).

Direktur PT Ekuator Swarna Investama Hans Kwee mengatakan, kenaikan harga komoditas yang terjadi di pasar global terutama batu bara menjadi penyebab kenaikan IHSG yang signifikan. Naiknya harga batu bara tak lepas dari krisis energi yang dialami oleh China dan India saat ini.

“Memang kita bergerak anomali, dan bursa regional mengalami tekanan akibat harga komoditas naik kencang. Jadi beberapa komoditas seperti minyak dan batu bara yang naik mendorong saham-saham komoditas ikutan naik,” kata Hans saat dihubungi Kompas.com, Kamis (6/10/2021).

Baca juga: IHSG Akhirnya Kembali Tembus Level 6.400, Simak Kata Analis

Hans juga mengatakan, Indonesia sebagai salah satu negara pengekspor batu bara turut diuntungkan karena krisis energi di beberapa negara. Hal ini juga sekaligus mendorong sektor perbankan untuk menyalurkan kreditnya ke perusahaan-perusahaan batu bara, padahal sebelumnya ini tidak dilakukan.

“Saham perbankan Indonesia kemungkinan akan menikmati keuntungan karena mereka bisa menyalurkan kredit ke perusahaan batu bara, karena selama ini mereka rem penyaluran kredit ke perusahaan batu bara. Dengan kenaikan harga batu bara, maka risiko kredit perbankan yang disalurkan memiliki risiko yang rendah,” kata Hans.

Kondisi ini juga sejalan dengan kembalinya dana asing yang masuk ke pasar domestik, sehingga asing mencatatkan net buy yang cukup tinggi yakni Rp 3,4 triliun.

Meski begitu, kenaikan harga komoditas juga menjadi kekhawatiran pasar global. Sebab dapat mendorong inflasi lebih tinggi dan mendorong bank sentral menaikan suku bunga.

Baca juga: RUU HPP Disahkan Hari Ini, Simak Poin-poin Pentingnya

Hal serupa juga disampaikan CFP Perencana Keuangan Finansialku Gembong Suwito. Ia mengatakan sektor energi dan komoditas naik signifikan karena harga komoditas di pasar global mengalami kenaikan tinggi karena adanya permintaan energi yang lebih tinggi.

“Kenaikan IHSG tersebut disebabkan oleh sektor energi mengalami kenaikan 1,93 persen yang dimotori oleh kenaikan saham-saham batu bara, gas, dan minyak,” kata Gembong.

Ia mengatakan, IHSG memang dominan mengalami kenaikan pada Oktober 2021. Hal ini juga didorong aliran dana asing yang terus melakukan pembelian saham.

"Demikian juga dengan terjadinya rotasi sektoral khususnya saham-saham bluechip yang diminati oleh para investor dan trader untuk persiapan windows dressing,” ucap Gembong.

Baca juga: IHSG Ditutup Melesat 2 Persen pada 6.417, Asing Borong BBRI, BBCA, dan ASII

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com