Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Sponsor Utama Sirkuit Mandalika, Ini Keuntungan yang Diperoleh Pertamina

Kompas.com - 07/10/2021, 20:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) mengungkapkan ada sejumlah keuntungan yang diperoleh ketika menjadi sponsor utama Sirkuit Mandalika.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, keuntungan tersebut adalah dapat mempromosikan produk-produk Pertamina saat pelaksanaan ajang internasional.

Hal tersebut ia sampaikan dalam agenda penandatanganan Sama Perjanjian Kerja Sama (PKS) Sponsorship Mandalika International Street Circuit Naming Right, di Jakarta. hari ini (7/10/2021).

Baca juga: ITDC Gandeng Pertamina, Sirkuit Mandalika Resmi Ganti Nama, Jadi Apa?

"Bagi Pertamina sendiri, otomotif tentu sangat dekat dengan produk yang dihasilkan oleh Pertamina. Jadi ini adalah event yang bisa kita gunakan untuk kita promosikan produk-produk Pertamina di skala internasional tentunya," katanya yang ditayangkan secara virtual, Kamis.

Keuntungan lainnya, yakni memperbanyak jumlah pengguna yang menggunakan aplikasi milik Pertamina yakni My Pertamina.

Nantinya, ketika ajang internasional itu berlangsung, masyarakat akan membeli tiket serta transaksinya lainnya menggunakan aplikasi tersebut.

"Terkait juga program digitalisasi Pertamina, platform yang dimilliki oleh Pertamina bisa digunakan pada event nanti. Mulai transaksinya, ticketing, merchandise, dan sebagainya. Jadi ini adalah peluang bagi kita untuk menambah jumlah customer baik di dalam maupun luar negeri," tambah dia.

Dari sisi energi, Pertamina berencana membangun energi baru terbarukan (renewable energy) di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dengan mengoptimalkan peran Subholding Power & NRE sebagai pemasok energi bersih dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Baca juga: MK Tolak Gugatan Serikat Buruh Pertamina soal Privatisasi BUMN

"Pertamina sebagai perusahaan energi juga ada agenda untuk bagaimana Indonesia melakukan transaksi energi. Kita bisa bangun di sana renewble energy sebagai salah satu sumber energi di Mandalika. Ketika event itu terjadi, NTB kita sama-sama tahu mempunyai sumber energi matahari yang sangat luar biasa," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com