Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes SKD CPNS 2021 di Luar Negeri Mulai 26 Oktober, Simak Dokumen yang Wajib Dibawa Peserta

Kompas.com - 11/10/2021, 10:17 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non-Guru di luar negeri akan dimulai pada 26-28 Oktober 2021.

Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama menyebutkan, total peserta SKD CPNS dan PPPK Non-Guru di luar negeri akan diikuti sebanyak 480 peserta, yang akan dilaksanakan di 75 titik lokasi yang tersebar di kantor perwakilan RI di luar negeri lewat kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

"BKN akan menyampaikan jadwal detail peserta SKD kepada Instansi setelah melakukan koordinasi lebih lanjut dengan Kemenlu. Untuk pengumuman jadwal peserta SKD di titik lokasi luar negeri akan diumumkan oleh masing-masing instansi," ujarnya melalui keterangan tertulis, Senin (11/10/2021).

Baca juga: Cara Download Sertifikat SKD CPNS 2021

Adapun negara yang melaksanakan SKD CPNS dan PPPK Non-Guru di luar negeri meliputi Taipei yang dapat menampung 60 peserta, Bangkok (25 peserta), Den Haag (20 peserta), Kuala Lumpur (51 peserta), Tokyo (46 peserta), Seoul (22 peserta), Osaka (24 peserta), dan Penang (19 peserta).

Selain itu, pelaksanaan SKD di titik lokasi luar negeri terbagi 3 zona waktu, yaitu zona 1 pukul 9.00 waktu setempat, zona 2 pukul 14.00, dan zona 3 pukul 21.00.

Dokumen yang dibawa

Saat mengikuti SKD CPNS 2021 ini, para peserta diminta membawa kelengkapan data identitas diri, berupa:

- Kartu Tanda Penduduk atau KTP;

- Kartu Peserta (merujuk pada Peraturan BKN Nomor 2 Tahun 2021);

- Ditambah dengan membawa paspor.

Terkait penerapan protokol kesehatan di lokasi tes di luar negeri, sambung dia, akan menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah di sana.

Untuk persiapan sarana dan prasarana ujian termasuk petugas akan disesuaikan dengan kondisi pada masing-masing lokasi perwakilan RI.

"Sebelum pelaksanaan ujian, BKN akan melakukan simulasi dan koordinasi lebih lanjut dengan Kementerian Luar Negeri termasuk kantor perwakilan RI seperti kantor Konsulat Jenderal atau kantor Kedutaan Besar RI (KBRI)," katanya.

Baca juga: Cara Cek Nilai Hasil Tes CAT SKD CPNS 2021 Live Score

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com