Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LRT Jabodebek Ditargetkan Beroperasi pada Agustus 2022

Kompas.com - 14/10/2021, 19:39 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Transportasi massal berupa Lintas Rel Terpadu (LRT) yang menghubungkan beberapa kota, meliputi Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) masih terus dipercepat pembangunannya. LRT Jabodebek ini ditargetkan beroperasi pada pertengahan Agustus 2022.

Untuk mencapai target tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), PT LRT, PT Industri Kereta Api (PT INKA), PT LEN Industri, dan PT Adhi Karya melakukan pelepasan rangkaian kereta atau train set ke-31.

Dalam pelepasan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat karena sudah berusaha untuk menjadikan LRT sebagai alternatif moda transportasi.

"Saya senang sekali dengan adanya kerja sama antara Kementerian Perhubungan, KAI, LRT, INKA, LEN, dan Adhi Karya yang sudah selalu berkoordinasi dan akhirnya mampu menyelesaikan train set ke-31 ini. Terus jaga solidaritas dan semangat dalam pengujian LRT selanjutnya, karena tantangannya akan memiliki kesulitan yang lebih tinggi," ucapnya secara virtual, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Tak Terima Ditagih Utang BLBI Rp 3,5 Triliun, Besan Setya Novanto Gugat Pemerintah

Luhut bilang, LRT Jabodebek ini memiliki standar teknologi yang lebih tinggi dari sistem kereta api yang sudah ada di Indonesia. LRT Jabodebek dilengkapi dengan Grade of Automation (GOA) level 3, yang artinya operasi dari kereta akan dilakukan secara otomatis tanpa menggunakan masinis.

"Penggunaan sistem GOA yang sudah terstandarisasi secara internasional dan teruji keamanannya menandakan bahwa kita adalah bangsa yang mampu menyelesaikan masalahnya, dalam hal ini terkait isu transportasi. Kita punya fighting spirit," ujarnya.

Ia juga berpesan untuk selalu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam urusan pembangunan teknologi transportasi.

"Kualitas manusia perlu kita tingkatkan, agar inovasi teknologi dalam perkeretaapian dapat terus ada. Berbagi ilmu dan menyerap ilmu dalam setiap proses produksi adalah hal yang penting dalam kemajuan industri kereta api kita," pungkasnya.

Dalam agenda pelepasan train tersebut, Direktur Umum PT INKA Budi Noviantoro menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan beberapa kali pengujian train set.

"Kita sudah beberapa melakukan uji coba train set dan kali ini adalah train set dengan sistem GOA tiiga yang nantinya akan kita gunakan untuk LRT Jabodebek. Ini adalah yang paling baik dalam sistem dan teknologinya," katanya.

Baca juga: Erick Thohir Jabarkan Langkah BUMN Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com