Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

3 Tips Memilih "Rekan Bisnis" Tepat demi Kesuksesan Usaha

Kompas.com - 20/10/2021, 09:53 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam berbisnis, seseorang tidak hanya bergantung pada urusan "modal" semata. Dibutuhkan pula rekan bisnis yang tepat sebagai salah satu faktor penentu kesuksesan berbisnis.

Hal itu diakui Co-founder dan Director of Anomali Coffee & Pipiltin Cocoa, Irvan Helmi dan Co-founder sekaligus CEO Burgreens & Green Rebel, Helga Angelina.

Dalam gelaran ShopeePay Talk bertema "Selektif Pilih Teman Dagang, Bisnis Makin Langgeng” yang berlangsung secara virtual, Selasa (19/10/2021), mereka mengaku bahwa merintis bisnis bersama rekan yang tepat akan dapat mengakselerasi performa sebuah bisnis.

Sebab, kehadiran individu lain di dalam bisnis dapat memperluas perspektif, menambah teman bertukar pikiran, menyeimbangkan beban pekerjaan, hingga sinergi modal usaha.

Baca juga: Rambah Indonesia, Platform Digital Borong Sasar Pelaku Bisnis Nasional

Setiap individu memiliki kebebasan untuk memilih rekan bisnis, baik bersama orang yang baru dikenal, teman dekat, pasangan, hingga keluarga.

Namun, terlepas dari status hubungan yang telah dibangun dengan rekan bisnis tersebut, penilaian awal saat memilih rekanan harus tetap dilakukan secara objektif.

Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari mengatakan, fase awal dalam membangun sebuah bisnis membutuhkan persiapan yang sangat kompleks.

“Untuk itu, menggandeng rekan bisnis dapat menjadi salah satu solusi efektif karena sinergi dari beberapa individu. Hal ini sekaligus dapat membantu meningkatkan efektivitas setiap proses yang ada di dalamnya,” jelas dia dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa.

Baca juga: [KURASI KOMPASIANA] Kriteria Jadikan Teman sebagai Rekan Bisnis | Uang Tak Kenal Teman | Berbisnis dengan Teman Nongkrong

Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari dalam acara ShopeePay Talk Episode Selektif Pilih Teman Dagang, Bisnis Makin Langgeng.DOK. Humas ShopeePay Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari dalam acara ShopeePay Talk Episode Selektif Pilih Teman Dagang, Bisnis Makin Langgeng.

Kendati demikian, kata Eka Nilam, memilih rekan bisnis yang tepat juga bukan perkara mudah dan butuh persiapan yang matang.

Oleh karenanya, ia mengatakan, ShopeePay Talk kali ini menghadirkan tiga narasumber untuk mengupas pandangan holistik seputar strategi mencari dan menjaga komunikasi yang sehat dengan rekan bisnis.

Ingin tahu apa saja kriteria yang dapat dipertimbangkan dalam memilih rekan bisnis? Simak ulasan mengenai tips menentukan rekan bisnis yang dirangkum dari pengalaman Irvan Helmi, Helga Angelina, serta paparan strategi dari psikiater Jiemi Ardian.

Baca juga: Masih Ragu untuk Mulai Usaha Sendiri? Cari Rekan Bisnis Solusinya

1. Keterampilan berbeda, tujuan tetap sama

Mencari rekan bisnis dengan keterampilan berbeda dapat menjadi fondasi pertama yang dibutuhkan dalam mengembangkan bisnis.

Pada dasarnya, setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keterampilan berbeda akan dapat membantu para pemilik bisnis untuk saling melengkapi satu sama lain dalam mendorong perkembangan bisnis.

Co-Founder and Director of Anomali Coffee & Pipiltin Cocoa Irvan Helmi mengatakan, memilih rekan bisnis bukan hanya didasarkan pada alasan "kenal sudah sejak lama".

“Meskipun memilih bekerja sama dengan sahabat lama dan kakak saya sebagai rekan bisnis, tetapi saya tidak pernah mengenyampingkan kriteria utama dari seorang rekan bisnis yang baik, yaitu adanya perbedaan keterampilan untuk saling melengkapi,” ujarnya.

Baca juga: Beralih Profesi, Asty Ananta Jadi Rekan Bisnis Suami

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com