Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FinanSiap Diharapkan Tingkatkan Literasi Keuangan di Kalangan Anak Muda

Kompas.com - 25/10/2021, 16:44 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – GoPay, Tokopedia, dan Gojek bersama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berkolaborasi memberikan edukasi keuangan, sekaligus pengelolaan aset yang lebih baik untuk meningkatkan literasi keuangan melalui program edukasi FinanSiap.

Mengingat kelompok investor retail terbesar di pasar modal Indonesia adalah kaum milenial, kolaborasi edukasi ini diharapkan dapat mewujudkan layanan jasa keuangan yang inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Program FinanSiap telah digelar sejak Juli 2021 dan didesain untuk menjawab kebutuhan peningkatan literasi keuangan di tengah masyarakat yang semakin melek teknologi serta investasi.

Chief Marketing Officer GoPay, Fibriyani Elastria mengungkapkan, program ini melibatkan berbagai pakar dan ahli pasar modal sebagai pemateri serta narasumber, dengan cakupan materi perencanaan keuangan, pengelolaan keuangan, dan pengenalan jenis investasi.

Baca juga: Begini Cara Gunakan PeduliLindungi Lewat DANA

“GoPay terus memperluas fungsi dan penggunaannya untuk membantu pengguna mengatur keuangan untuk mencapai tujuan finansial di masa depan. Melihat antusiasme anak muda yang sangat tinggi, kali ini, kami memperluas cakupan materi edukasi FinanSiap termasuk tentang investasi saham di pasar modal,” kata Fibriyani dalam siaran pers, Senin (25/10/2021).

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi mengungkapkan, Gopay, Gojek, dan Tokopedia sudah menjadi bagian dari keseharian. Program edukasi FinanSiap dinilai sangat positif dan sejalan dengan target edukasi pasar modal yang selama ini dilakukan oleh BEI.

“Kami menyambut baik kolaborasi ini untuk meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal untuk mencetak investor ritel pemula yang cerdas. Kami berharap bahwa sinergi BEI dengan GoTo bersama kekuatan ekosistemnya dapat membawa tingkat literasi keuangan yang lebih tinggi di kalangan masyarakat Indonesia,” kata Hasan.

Program FinanSiap terdiri dari rangkaian konten edukasi yang dikemas secara ramah sehingga dapat mudah dipahami oleh masyarakat umum dan investor pemula, dalam bentuk website, artikel, video, webinar, infografis, serta podcast. Edukasi ini juga ditayangkan lewat Instagram Live akun resmi @gopayindonesia.

Baca juga: Sepanjang 2021, Pemerintah Sudah Tarik Utang Rp 621 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com