Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Majoo Dapat Suntikan Modal 4 Juta Dollar AS

Kompas.com - 26/10/2021, 11:01 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan aplikasi wirausaha, Majoo, telah menerima pendanaan Pra-Seri A senilai 4 juta dollar AS dari AC Ventures, BRI Ventures, dan Xendit.

Co-Founder & CEO Majoo Adi W Rahadi mengatakan, pihaknya akan membuka peluang bagi UMKM untuk dapat menjual produk melalui beberapa saluran offline dan online dalam satu fitur aplikasi.

“UMKM sangat bergantung pada kegiatan penjualan offline. Melihat situasi pandemi, kami mengembangkan fitur e-commerce dalam misi mendukung UMKM melewati masa yang penuh tantangan ini," kata Adi W Rahadi dalam siaran resminya, Selasa (26/10/2021).

"Kami memberi mereka alat untuk membuat situs web mereka sendiri, melakukan pembayaran secara online, dan terintegrasi dengan Grabfood, Tokopedia, Shopee, dan layanan lain dari e-commerce,” sambung dia.

Menurut Adi, dengan kemitraan yang kuat, terintegrasi ke beberapa marketplace, dan memiliki hubungan yang baik dengan berbagai asosiasi UMKM, Majoo mampu mengembangkan platform yang secara unik melayani bisnis UMKM Indonesia.

Baca juga: Pengetatan Regulasi China dan Krisis Energi Bayangi Pasar Saham Asia

Adi juga mengatakan, aplikasi Majoo telah tumbuh 85 persen secara tahunan dan telah mengakuisisi lebih dari 20.000 pengguna aktif dengan tingkat retensi terbaik di industri.

Majoo juga telah memproses lebih dari 80 juta transaksi senilai 600 juta dollar AS untuk UMKM di lebih dari 600 kota di Indonesia dari berbagai jenis bisnis, mulai dari F&B hingga laundry.

Sementara itu, CEO BRI Ventures Nicko Widjaja mengatakan, pihaknya dengan semangat yang sama yang dimiliki Majoo, akan terus mendorong pertumbuhan UMKM dan memberikan akses permodalan.

"Kami melihat banyak potensi sinergi yang dapat dilakukan antara Majoo dan ekosistem BRI Group serta anak perusahaannya. Misalnya, sinergi dalam pemberian akses kepada UMKM untuk tabungan digital, pinjaman digital dan layanan buy now pay later dari Bank Raya (sebelumnya BRI Agro)," kata Nicko.

"Ketika masalah akses permodalan UMKM dapat terselesaikan dengan bantuan Majoo, kami yakin mereka dapat lebih berfokus dalam mengembangkan bisnisnya dan mampu naik kelas dengan lebih cepat," sambung Nicko.

Baca juga: Dana Pemda Masih Menumpuk di Bank, Totalnya Capai Rp 194,2 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com