Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pefindo Biro Kredit Akan Buka Akses Layanan ke Masyarakat dan Calon Debitur Perseorangan

Kompas.com - 26/10/2021, 15:03 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pefindo Biro Kredit akan membuka layanan Business to Customer (B to C) yang memungkinkan masyarakat serta calon debitur bank mengecek kondisi keuangannya di Pefindo.

Direktur Utama Pefindo Biro Kredit Yohanes Abimanyu menuturkan, selama ini perusahaan melayani untuk segmen korporasi. Dengan layanan baru ini, Pefindo Biro Kredit membuka akses masyarakat atau perorangan.

"Masyarakat perlu tahu bagaimana kondisi keuangannya. Apakah layak mendapatkan kredit atau tidak, bisa dicek di kami. Sekaligus bisa melihat apakah kondisi keuangannya sehat atau tidak," ujarnya saat berdiskusi dengan media, pekan lalu.

Baca juga: BTN Targetkan Kredit Tumbuh Double Digit pada 2022

Abimanyu menjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan sejumlah persiapan sebelum layanan ini dirilis ke publik.

Namun, dia belum bersedia menyebutkan biaya yang harus dikeluarkan masyarakat ataupun calon debitur untuk bisa mengakses layanan ini.

Mengecek Data Kredit

Salah satu yang bisa dimanfaatkan masyarakat melalui layanan ini adalah mengecek apakah data calon debitur telah digunakan oleh orang lain ataukah tidak.

Ini karena banyak kasus berupa data NIK seseorang digunakan oleh orang lain secara tidak bertanggung jawab untuk mengajukan kredit. Kemudian dalam prosesnya, si peminjam tidak mengembalikan uangnya ke bank ataupun fintech.

Baca juga: Cara Mengajukan Kredit Sepeda Motor di BCA

"Akibatnya, NIK dari orang tersebut tercatat dalam SLIK OJK dan orang tersebut masuk dalam daftar hitam. Hal-hal seperti ini yang nanti bisa dicek di layanan yang akan kami buka ini," jelasnya.

Dalam proses penilaian kepada calon debitur, Pefindo Biro Kredit memanfaatkan big data. Di sini perusahaan mengumpulkan data nasabah dari berbagai platform dan layanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com