Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Kian Tajir, Kekayaannya Lampaui Kapitalisasi ExxonMobil

Kompas.com - 26/10/2021, 20:57 WIB
Mutia Fauzia

Penulis

Sumber CNN


NEW YORK, KOMPAS.com - Nilai kekayaan CEO Tesla Elon Musk, kian melonjak seiring dengan kenaikan harga saham perusahaan yang ia pimpin.

Dilansir dari CNN, Selasa (26/10/2021), nilai kekayaan Musk kini hampir mencapai 300 miliar dollar AS atau sekitar Rp 4.230 triliun (kurs Rp 14.100).

Nilai kapitalisasi pasar atau market cap dari Tesla sendiri kini telah melampaui 1 triliun dollar AS.

Dengan demikian, nilai kekayaan Elon Musk pun telah melampaui nilai valuasi pasar dari perusahaan migas yang bermarkas di Texas, ExxonMobil.

Baca juga: Harta Elon Musk Setara Total Kekayaan Bill Gates dan Warren Buffett

Bloomberg Billionaire Index mencatat, nilai kekayaan Elon Musk saat ini sebesar 289 miliar dollar AS atau sekitar Rp 4.074,8 triliun.

Jumlah tersebut melampaui kapitalisasi pasar Exxon Mobil yang sebesar 272 miliar dollar AS atau sekitar Rp 3.835,2 triliun.

Lonjakan harga saham Tesla yang mencapai lebih dari 12 persen pada perdagangan Senin (25/10/2021) waktu setempat disebabkan oleh Hertz Global Holdings Inc memesan 100.000 unit Tesla.

Selain itu, ada pula sentimen dari analis Morgan Stanley yang baru-baru ini memperbarui proyeksinya mengenai harga saham Tesla yang diperkirakan bakal mencapai 1.200 dollar AS per lembarnya.

Musk sendiri disebut-sebut sebagai salah satu pihak yang terus menggaungkan untuk menggeser penggunaan bahan bakar fosil menjadi listrik. Tentu saja, hal ini berbaya bagi keberlanjutan kinerja Exxon Mobil.

Baca juga: Simak, Ini 3 Mata Uang Kripto yang Dimiliki Elon Musk

Perusahaan minyak terbesar di Amerika Serikat tersebut telah berkali-kali mendapatkan kritik tajam terkait dengan strategi perusahaan untuk mengurangi dampak iklim.

Di sisi lain, kinerja Tesla tengah moncer seiring dengan euforia yang terjadi di Wall Street mengenai masa depan kendaraan listrik.

Lonjakan harga Tesla dalam setahun terakhir telah membuat kapitalisasi pasar Tesla melampaui total nilai saham dari 11 perusahaan produsen mobil bila digabungkan sekaligus.

Kapitalisasi pasar Tesla setara dengan tiga kali kapitalisasi pasar Toyota, produsen mobil dengan valuasi terbesar kedua. Saat ini, kapitalisasi pasar Toyota tercatat sebesar 280 miliar dollar AS.

Baca juga: 56 Perempuan di Daftar Orang Terkaya AS Berharta Rp 8.000 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com