Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

83.125 Desa di Indonesia Sudah Teraliri Listrik

Kompas.com - 27/10/2021, 19:32 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) mencatat, hingga September 2021 sudah sebanyak 83.125 desa di seluruh wilayah Indonesia teraliri listrik. Capaian ini mendorong rasio desa berlistrik (RDB) menjadi sebesar 99,62 persen.

Angka tersebut melampaui capaian tahun lalu yang mencatat realisasi listrik desa mencapai sebanyak 82.569 desa dengan RDB sebesar 99,52 persen.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan, dari capaian program listrik desa terdapat 75.278 desa yang dilistriki oleh PLN. Selebihnya, dikerjakan bersama dengan pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM, swadaya dari pemerintah daerah, dan pihak terkait lainnya.

Baca juga: Konsultasi Perizinan di Kemendag akan Dilayani Robot Avida

Ia menjelaskan, kehadiran listrik yang andal hingga ke desa berperan penting untuk menggerakkan perekonomian, terlebih dengan adanya disrupsi serta revolusi industri 4.0. Oleh sebab itu, upaya melistriki desa akan turut mendukung percepatan integrasi ekonomi masyarakat desa ke perekonomian nasional.

“Kalau listrik sudah sudah menjangkau desa, harapan kita gerak ekonomi semakin bergerak cepat. Belum lagi bila ke depan seluruh desa bisa terintegrasi dengan masuknya akses internet," ujar Zulkifli dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/10/2021).

Dia mengatakan, seiring dengan memperingati Hari Listrik Nasional ke-76 yang jatuh pada hari ini, PLN memastikan akan terus mendukung program listrik desa dan mendorong peningkatan RDB yang merupakan rasio antara desa yang berlistrik dengan jumlah desa di Indonesia.

Menurut Zulkifli, PLN terus bersinergi dengan pemerintah pusat hingga pemerintah desa dalam upaya melistriki desa. Terbaru, PLN bersama Kemendes PDTT menandatangani kerja sama dalam pemanfaatan tenaga listrik untuk peningkatan produktivitas mendukung pengembangan ekonomi dan investasi.

Baca juga: Minat Buka Bisnis SPKLU Bareng PLN? Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Ia bilang, beragam kisah dalam upaya PLN melistriki desa-desa di Indonesia juga dirangkum dalam buku Cahaya untuk Desa.

Lewat buku itu diantaranya terdapat kisah pemasangan listrik di Kampung Kwaedamban, Distrik Borme, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Desa tersebut unik sebab harus dicapai melewati perjalanan udara, sungai dan hutan.

Selain itu, ada pula kisah saat melistriki desa-desa di perbatasan dengan Malaysia, Vietnam, Filipina hingga Australia. Termasuk tentang perjalanan yang harus menembus hutan hingga ombak lautan mencapai suatu desa.

"Ini adalah bukti kerja keras dan cerdas PLN dalam membawa cahaya untuk desa-desa di pelosok nusantara. Juga sebagai bukti sejarah, bahwa meski di tengah pandemi PLN tetap berkinerja tinggi bagi negeri,” ungkap Zulkifli.

Baca juga: Mengenal Modus Kejahatan SIM Swap dan Cara Menghindarinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com