Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kena PHK, Zalzilah Hidupkan Batik Semarang yang Sempat Mati Suri

Kompas.com - 28/10/2021, 13:35 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Zalzilah, penerima bantuan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mulai belajar membatik usai terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dari tempat kerja.

PHK justru menjadi jalan bagi wanita yang akrab disapa Zie itu untuk tekun belajar dan melakukan riset tentang batik Semarang.

Ia bergabung dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekarnas) untuk mengembangkan produk kerajinan batik bersama ibu-ibu lainnya.

“Kebetulan, Semarang itu (wilayah) Jawa yang nggak ada batik. Kita penasaran kenapa kok nggak ada? Ternyata batik Semarang itu dianggap mati suri,” ujarnya dalam acara workshop di Kampung Malon RT 3/RW 6 Kelurahan Gunung Pati, Kecamatan Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Selama belajar dan mengembangkan Batik, Zie menyadari bahwa produk batik membutuhkan ciri khas agar berbeda dari batik lain seperti batik Pekalongan, Jogja, Solo, dan lainnya.

 Ilustrasi: pembuatan batik Garut  KOMPAS/YULVIANUS HARJONO Ilustrasi: pembuatan batik Garut

“Kami gali potensi yang ada, yaitu mengangkat tema rakyat yang ada di Nusantara dan jadilah batik legenda," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (28/10/2021).

Adapun beberapa tema legenda yang sudah diangkat oleh Zie Batik—merek batik yang dibuat Zie—di antaranya Sangkuriang, Joko Tarub, Pandawa Lima, dan Legenda Gunung Pati.

Baca juga: Kisah Batik Toeli, Karya Penyandang Tuli yang Tembus Pasar AS Berkat Platform Digital

Dalam proses pembuatannya, Zie Batik selalu menggunakan pewarna alami yang ramah lingkungan.

“Kami pilih batik warna alam itu karena tak mau merusak lingkungan yang sudah rapi, sudah bagus,” ujar Zie.

Ia mengatakan, wilayah tempat tinggalnya di Kampung Malon termasuk daerah yang terjaga dan aman, berbeda dengan daerah di bawah Kampung Malon yang kerap dilanda banjir rob.

Warga menyelesaikan proses pembuatan batik di Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu (5/6/2021). Industri pembuatan batik tumbuh dalam skala rumah tangga yang nantinya dijual ke pengepul besar.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Warga menyelesaikan proses pembuatan batik di Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu (5/6/2021). Industri pembuatan batik tumbuh dalam skala rumah tangga yang nantinya dijual ke pengepul besar.

Menurutnya, masyarakat tidak boleh mencemari wilayah hulu Kota Semarang demi kebaikan bersama.

“Akhirnya kami memilih untuk melestarikan hulu dan pesisir Semarang dengan kembali ke alam,” kata Zie.

Ia menyebutkan, terdapat beberapa pewarna alami yang dapat dimanfaatkan untuk memproduksi batik, seperti kulit mahoni, ada daun-daunan, kayu nangka, propagul (buah mangrove), dan lain-lain.

Propagul banyak ditemukan di wilayah hilir Semarang. Menurut Zie, bahan yang merupakan limbah ini dapat dijadikan pewarna coklat sampai merah maroon.

Baca juga: Kisah Vivin, Rintis Batik dari Pelosok Desa, Modal Rp 100.000, Kini Omzet Puluhan Juta

Zie Batik mendunia berkat bantuan pemerintah

Zie mengatakan, bisnis batiknya menjadi sukses berkat bantuan dari pemerintah. Ia mengaku mendapatkan dana untuk mengembangkan bisnis, salah satunya melalui program TKM Kemenaker.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com