Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Manfaatkan Teknologi, Eka Hospital Raih Penghargaan The Most Innovative Hospital 2021

Kompas.com - 29/10/2021, 13:00 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Chief Operating Officer Eka Hospital Grup, Rina Setiawati mengapresiasi seluruh masyarakat Indonesia yang mempercayakan pelayanan kesehatannya kepada Eka Hospital Group.

Dia mengatakan itu dalam sambutannya saat mewakili Eka Hospital menerima penghargaan “The Most Innovative Hospital 2021” pada Kategori The Best Healthcare Companies yang diselenggarakan CNBC Indonesia dalam ajang CNBC Awards 2021, Selasa (27/10/2021).

“Semoga dengan diterimanya penghargaan ini Eka Hospital akan semakin baik dalam melayani pasien- pasien di seluruh Indonesia dan terus melakukan inovasi dalam bidang pelayanan kesehatan maupun teknologi kedokteran,” ungkap

Dengan penghargaan ini, Eka Hospital menjadi salah satu rumah sakit di Indonesia yang mendorong pemanfaatan teknologi dalam menangani pasien mulai dari penerapan Electronic Medical Record (EMR) menyeluruh dan terintegrasi.

Baca juga: Bantu Pemerintah Atasi Covid-19, Sinar Mas Land Berhasil Vaksinasi Lebih dari 54.000 Orang

EMR memungkinkan seluruh data pasien tersimpan secara elektronik, sehingga memudahkan dalam menganalisa informasi medis guna meningkatkan kecepatan dan ketepatan diagnosa.

Eka Hospital juga telah memiliki teknologi berkelas dunia berupa robot navigasi untuk operasi tulang belakang yang pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Tak hanya itu, Eka Hospital akan menghadirkan pula teknologi cryo ablation untuk penanganan jantung aritmia dengan gangguan atrial fibrilasi dan Intra Operative Radiation Therapy (IORT) pertama di Indonesia untuk penanganan kanker terpadu.

Eka Hospital juga berhasil melakukan beberapa pencapaian lain, antara lain operasi skoliosis minim sayatan pertama di Indonesia, tindakan aterektomi (penghilangan plak) dengan teknologi JetStream pertama di Indonesia, pemasangan alat pacu jantung atau pacemaker terkecil di dunia, hingga ratusan tindakan ablasi jantung dengan teknologi tiga dimensi (3D) mapping dan konvensional.

Baca juga: Bantu Pasien Covid-19, Sinar Mas Salurkan 1.200 Ton Oksigen Cair di Sumsel dan Jabar

Untuk diketahui, jaringan Eka Hospital Group ada di Bumi Serpong Damai (BSD), Pekanbaru, Cibubur, dan Bekasi.

Sementara itu, Managing Director Sinar Mas Saleh Husin mengatakan, rumah sakit sudah seharusnya memberikan layanan kemudahan dan kenyamanan bagi pasien dan keluarganya.

Menurutnya, peningkatan inilah yang terus dilakukan Eka Hospital dengan mengedepankan tenaga ahli dan teknologi. Inovasi yang dilakukan Eka Hospital pun sejalan dengan nilai-nilai yang dianut Sinar Mas.

“Ini akan terus kami lakukan karena perkembangan teknologi sangat memungkinkan kita melakukan yang terbaik untuk kemanusiaan. Tentu saja didukung dengan tenaga profesional yang handal," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Namun, lanjutnya, kemajuan teknologi kesehatan harus didukung dengan sumber daya manusia yang mumpuni, yaitu dokter-dokter yang memiliki keahlian terbaik dibidangnya.

Oleh sebab itu, Eka Hospital bersama para guru besar dan profesor di bidang kedokteran membangun Center of Excellence yang bertujuan terus menghadirkan inovasi bagi pelayanan kesehatan di Indonesia.

Baca juga: Saling Bergandengan Tangan, Sinar Mas Ajak Berbagai Pihak untuk Mengatasi Pandemi di Dalam Negeri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com