Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Melantai di BEI, BOBA Melesat 25 Persen dan Langsung ARA

Kompas.com - 01/11/2021, 13:38 WIB
Kiki Safitri,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Formosa Ingredient Factory Tbk (BOBA) melesat 25 persen di level Rp 350 per saham atau naik 70 poin, atau otomatis masuk radar auto reject atas (ARA).

Padahal, BOBA baru saja melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (1/11/2021) dengan harga IPO Rp 280 per saham.

Perodusen produk makanan dengan merek Boba King seperti topping jelly atau popping boba ini memulai masa Penawaran Umum sejak 26 Oktober 2021 sampai dengan 28 Oktober 2021.

Baca juga: IPO, Widodo Makmur Perkasa Tawarkan Saham di Kisaran Rp 160-Rp 220 Per Lembar

Dalam IPO ini, Perseroan menerbitkan saham sebesar 140 juta saham baru atau 12,11 persen dari seluruh total modal disetor.

Dengan harga penawaran Rp 280 per saham, maka total fund raised perseroan mencapai Rp 39,2 miliar.

Saham BOBA ditetapkan pula oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Efek Syariah dan masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES).

“Dana yang akan diperoleh dari hasil penawaran umum ini setelah dikurangi biaya emisi digunakan sebagai modal kerja Perseroan untuk pembelian bahan baku, bahan penunjang, biaya operasional dan biaya pemasaran guna memperluas jaringan pemasaran dengan pendistribusian ke daerah-daerah lain serta promosi-promosi yang dilakukan ke daerah lain guna mendukung pertumbuhan Perseroan kedepannya,” kata Direktur Utama Perseroan, Yunita Sugiarto dalam siaran pers.

Baca juga: Pemerintah Lelang Sukuk Besok, Simak Lagi Tingkat Imbalannya

Sebagai informasi, pihak Penjamin Pelaksana Emisi dalam IPO Perseroan ini adalah PT Victoria Sekuritas Indonesia.

Berdasarkan data Bookbuilding yang dilakukan oleh Perseroan pada 5-11 Oktober 2021, diketahui adanya Oversubscribed saham sebanyak 2,63 kali dari total penawaran atau 5,25 kali dari porsi pooling.

“Kami yakin terhadap prospek usaha Perseroan ke depan, mengingat bisnis Perseroan di industri makanan dan minuman tanah air memiliki potensi untuk bertumbuh dengan dukungan permintaan konsumsi masyarakat kelas menengah akan menjadi katalis positif bagi penjualan produk makanan-minuman yang diproduksi oleh Perseroan di masa mendatang,” kata Yunita.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com