Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapkan 4 Hari Kerja, Fintech Alami Cetak Rekor Penyaluran Pinjaman

Kompas.com - 02/11/2021, 13:42 WIB
Mutia Fauzia

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan teknologi finansial peer to peer lending berbasis syariah, Alami, telah menerapkan empat hari kerja sejak bulan Oktober lalu.

Co-Founder sekaligus CEO Alami Dima Djani pun mengungkapkan, terjadi peningkatan kinerja perusahaan yang tak disangka-sangka karena penerapan empat hari kerja.

Salah satunya dari sisi penyaluran pembiayaan atau kredit yang mencapai rekor tertinggi pada Oktober lalu, yakni mencapai Rp 135 miliar. Jumlah tersebut meningkat 24 persen bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

"Jelas ini baru permulaan, tetapi saya senang dengan upaya kami untuk melangkah maju. Saat ini kamu sedang berupaya untuk mempertahankan kinejra meski hari kerja kami berkurang di hari Jumat, namun alhamdulillah kami berhasil mencetak rekor (kinerja) tertinggi," ujar Dima pada unggahan di akun Mediumnya, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (2/11/2021).

Baca juga: Ada Wacana 4 Hari Kerja untuk PNS, Ini Kata BKN

Untuk diketahui, sejak Oktober lalu, Alami telah menerapkan program #Bye5, dengan memangkas satu hari kerja di hari Jumat. Dengan demikian, karyawan Alami bekerja selama empat hari dan memiliki waktu libur lebih panjang, yakni selama tiga hari.

Dima mengungkapkan, tidak ada perubahan jam kerja karyawan per harinya dengan penerapan empat hari kerja seminggu yang diimplementasikan oleh Alami.

"Kita fokus ke result dan prosesnya, tidak ada perubahan dari jam kerja yang sudah dijalankan sebelumnya," ujar Dima kepada Kompas.com.

Dikutip dari akun resmi LinkedIn Alami, dijelaskan penerapan empat hari kerja dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan karyawan.

Hal tersebut pun tergambar pada hasil penerapan empat hari kerja yang menunjukkan, tidak ada karyawan yang mengajukan izin sakit sepanjang bulan Oktober lalu.

Baca juga: Jam Kerja Karyawan Bakal Diperketat, Ada Opsi Dua Hari Kerja dan Sehari Libur

Beberapa catatan peningkatan kinerja Alami setelah menerapkan empat hari kerja sepekan yakni peningkatan pendanaan oleh ritel sebesar 40 persen atau mencapai Rp 44 miliar. Jumlah tersebut merupakan rekor tertinggi pendanaan ritel Alami.

Di sisi lain, tingkat keberhasilan (TKB) alami terjaga di level 100 persen.

"Kami memahami banyak pihak yang memiliki pandangan berbeda mengenai #Bye5. Saya percaya, setiap perusahaan memiliki program yang berbeda yang cocok dengan nilai dan budaya perusahaan tersebut. Untuk Alami, mengurangi Jumat sebagai hari kerja ternyata sangat baik untuk kegembiraan dan produktivitas karyawan," ujar Dima.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com