Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Merchant QRIS Mencapai 12 Juta per November 2021

Kompas.com - 03/11/2021, 16:54 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan, penggunaan pembayaran digital semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Ini ditandai pesatnya pertumbuhan penyediaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai alat transaksi merchant.

Bank sentral mencatat, sampai dengan 1 November 2021, jumlah merchant QRIS telah menembus angka 12 juta.

Baca juga: Ini 5 Tantangan Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi Menurut Gubernur BI

Dengan demikian, target merchant menggunakan QRIS yang dipatok oleh BI pada tahun ini telah tercapai.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, jumlah pengguna QRIS sampai dengan awal November 2021 meningkat signifikan dibandingkan akhir tahun 2020 sebesar 5,8 juta merchant.

"Penerapan pembayaran nirsentuh QRIS untuk transaksi pembayaran di berbagai sektor, terbukti memberikan banyak manfaat, di antaranya mendorong efisiensi perekonomian, mempercepat keuangan inklusif, mengurangi risiko penularan Covid-19, bahkan memajukan UMKM," tutur Perry dalam keterangannya, dikutip Rabu (3/11/2021).

Setelah mencapai target tahun ini, BI berencana untuk tetap menggencarkan pemanfaatan QRIS dalam rangka mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga: E-BOCS KPEI Terhubung dengan BI-SSSS, Apa Keuntungannya?

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta menyebutkan, saat ini adopsi QRIS didominasi oleh pelaku usaha mikro dan kecil, dengan porsi sebesar 88 persen dari total 12 juta merchant.

Sementara itu, untuk pelaku usaha menengah dan besar angkanya juga tercatat mulai mengalami pertumbuhan. Ini seiring dengan telah ditingkatkannya limit transaksi QRIS dari Rp 1 juta menjadi Rp 5 juta pada Mei lalu.

"Kita lihat berbagai segmen, mulai dari segmen pedagang kaki lima sudah kita garap, lalu kita lihat di segmen menengah dan besar mulai naik," kata wanita yang akrab disapa Fili itu.

Selain itu, dalam waktu dekat BI akan meluncurkan kerja sama pemanfaatan QRIS dengan berbagai kementerian. Hal ini diusung untuk memanfaatkan momentum transformasi digital yang tengah dilaksanakan berbagai lembaga pemerintahan.

Baca juga: BI: Biaya Transfer Rp 2.500 Berlaku Mulai Minggu Kedua Desember 2021

"Nanti akan ada kerja sama dengan berbagai kementerian untuk bisa memanfaatkan QRIS ini untuk mendukung program-program kementerian," ucap Fili.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com