Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Telkom Siapkan Kebutuhan Jaringan ICT 7,22 Gbps di Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 05/11/2021, 12:35 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Direktur Network and Information Technology (IT) PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Herlan Wijanarko menyampaikan, pihaknya tengah menyiapkan infrastruktur jaringan information and communication technology (ICT) di kawasan Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Saat ini Telkom tengah mempersiapkan seluruh fasilitas ICT beserta layanannya untuk salah satu destinasi super prioritas, yakni Mandalika, bekerja sama dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Group,” kata Herlan, dalam acara uji jaringan di Kantor Telkom Mataram, Rabu (3/11/2021).

Ia mengatakan, pihaknya tengah berupaya memenuhi kebutuhan ICT sebesar 7,22 gigabytes per second (Gbps) dengan mengekspansi backbone, menggelar fiber optic di lokasi event dan ekosistem pendukungnya, serta menambah penambahan Node B Combat Telkomsel.

Dukungan infrastruktur ICT dan konektivitas kelas dunia di kawasan Mandalika tersebut akan disediakan di area media, accommodation, security, international airport, dan venue (MASIV). Adapun layanan yang diberikan meliputi view, internet, dan phone (VIP).

Baca juga: Dosen Telkom University Ini Masuk Daftar Ilmuwan Terbaik Dunia

Herlan memastikan, infrastruktur dan layanan di Mandalika International Street Circuit dalam kondisi prima dengan konfigurasi alternatif back up yang baik.

Dalam uji jaringan, Telkom memastikan infrastruktur seperti jalur backbone baik main route maupun alternative route bekerja dengan baik. Begitu juga dengan jalur transport regional serta yang lainnya bekerja dengan baik.

“Semoga penyediaan fasilitas ICT dan digitalisasi ini menjadi wujud kontribusi TelkomGroup untuk memajukan Indonesia, khususnya NTB menjadi lebih baik lagi,” tutur Herlan, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (5/11/2021).

Ia pun mengucapkan terima kasih atas dukungan ITDC Group, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dan pemerintah pusat dalam mempersiapkan dan mengawal infrastruktur ICT untuk event besar negara.

“Semoga kita bersama-sama dapat menyukseskan perhelatan event besar dunia di Mandalika, memberikan citra baik bagi Indonesia di mata internasional, dan mendukung perkembangan ekonomi di Kawasan Mandalika,” ucap Herlan.

Baca juga: Siap-siap, Ada Bundling Paket Wisata Menginap di Homestay Mandalika

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengungkapkan apresiasinya atas dukungan Telkom untuk menyukseskan gelaran World Superbike pada November 2021 dan MotoGP pada Maret 2022 yang akan berlangsung di Mandalika.

“Atas nama pemerintah Nusa Tenggara Barat, kami mengucapkan terima kasih kepada Telkom yang telah memastikan bahwa apa yang diinginkan masyarakat bisa dinikmati dan disaksikan dengan cara yang luar biasa,” ucap Zulkiefli.

Adapun Direktur Pengembangan Bisnis ITDC Ema Widyastuti mengatakan, Telkom tidak hanya mendukung penyelenggaraan event besar di kawasan Mandalika, tetapi juga menyediakan infrastruktur ICT untuk akomodasi dan fasilitas penunjang lainnya.

“Kami berharap, Telkom dan ITDC dapat menjadi mitra yang sangat baik tidak hanya untuk memajukan Mandalika tapi juga destinasi super prioritas berikutnya, yang akan membawa harum nama bangsa dan negara Indonesia,” ujar Ema.

Ia menyebutkan, Mandalika merupakan kawasan kedua yang ditugaskan pemerintah kepada ITDC untuk dikembangkan.

Sebelumnya ITDC juga telah ditugaskan pemerintah untuk mengembangkan kawasan Nusa Dua. Mandalika punya luas mencapai 3,5 kali lipat lebih besar dari Nusa Dua.

Baca juga: Tanggapan Warga Lombok soal Harga Tiket WSBK di Sirkuit Mandalika, Masih Dianggap Mahal

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com