Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin Minta Piaggio Gandeng Industri Komponen Skala Kecil

Kompas.com - 10/11/2021, 11:31 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meminta agar Piaggio Indonesia dapat melibatkan sebanyak-banyaknya industri komponen skala kecil di Indonesia. 

Hal itu disampaikan Agus pada acara Groundbreaking Pembangunan Fasilitas Produksi PT. Piaggio Indonesia di Cikarang, Selasa (9/11/2021).

“Tidak lupa kami juga mendorong agar PT Piaggio dapat melakukan pengembangan teknologi elektrifikasi sepeda motor serta menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan hub ekspor sepeda motor ikonik Italia dari Indonesia ke dunia,” ujarnya seperti dikutip Kompas.com dari siaran pers, Rabu (10/11/2021).

Kemenperin memberikan apresiasi terhadap pembangunan fasilitas produksi PT Piaggio Indonesia seluas 6 hektar dengan kapasitas sebanyak 10.000 unit per tahun, yang akan mulai produksi pada kuartal IV/2022.

Diharapkan, fasilitas baru ini dapat memperkuat brand Piaggio di Indonesia sekaligus menciptakan nilai tambah industri dalam negeri yang pada akhirnya dapat mengakselerasi pemulihan industri otomotif nasional di tengah pandemi Covid-19.

“Sepeda motor yang dirakit di pabrik ini dijadwalkan bisa meluncur pada akhir 2022,” kata  Menperin.

Baca juga: Pesan Gojek Bisa Sepaket Beli Tiket KRL Via GoTransit, Mulai Kapan?

Menurut Menperin, ekspansi yang dilakukan oleh PT Piaggio Indonesia menjadi lompatan jauh dari perusahaan pemegang merek sepeda motor ikonik Italia tersebut.

Selain itu, upaya ini juga memberikan kontribusi positif bagi pengembangan industri otomotif nasional, terutama dari sisi peningkatan investasi, penyerapan tenaga kerja, dan pemberdayaan industri komponen lokal.

“Perlu diingat, ini merupakan tahap awal, artinya ke depannya akan lebih banyak lagi aktivitas, partisipasi, maupun investasi dari teman-teman Italia, khususnya PT Piaggio Indonesia,” kata Menperin.

Sementara itu, Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega mengatakan, terwujudnya investasi ini tidak lepas dari dukungan Pemerintah Indonesia.

“Kami percaya proyek ini akan memperkuat kontribusi PT Piaggio Indonesia di sektor otomotif, serta meningkatkan pengalaman dan keterikatan terhadap merek kami,” ujar Marco.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan pangsa pasar sepeda motor terbesar di ASEAN dengan penjualan pada tahun 2020 sebanyak 3,66 juta unit dan market share sebesar 38 persen.

Baca juga: Bukan OJK, Ini Penerbit Izin Operasi OVO

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com