Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ide Usaha Makanan yang Bisa Dititipkan di Warung

Kompas.com - 13/11/2021, 19:00 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencari kerja di masa pandemi susahnya bukan main. Penghasilan berkurang, bahkan ada yang hilang, sementara biaya hidup terus berjalan.

Harus putar otak bagaimana caranya mendapat tambahan pemasukan. Berpikirnya tidak perlu jauh-jauh. Saat ini, warung kelontong menjamur di mana-mana. Kenapa tidak coba dimanfaatkan.

Kamu bisa berjualan dengan sistem titip jual di warung. Umumnya titip jual makanan atau minuman dengan harga terjangkau agar cepat laku.

Sistem titip jual menguntungkan bagi pedagang dan pemilik warung. Bagi pedagang, tidak perlu sewa lapak, sehingga biaya operasional bisa ditekan.

Baca juga: Minat Bisnis Franchise? Cek Peluang Usaha Baru di IFRA 2021

Kamu hanya perlu menitipkan barang dagangan ke beberapa warung kelontong dekat rumah. Sedangkan bagi si pemilik warung tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang dagangan tersebut.

Sistem titip jual sama seperti reseller online. Misalnya, harga produk dari pedagang Rp 1.000, kemudian pemilik warung menjualnya seharga Rp 1.500.

Begitu barang dagangan terjual, duitnya baru disetorkan ke pedagang oleh si pemilik warung. Sebesar Rp 1.000 untuk pedagang, dan keuntungan Rp 500 untuk pemilik warung. Simbiosis mutualisme, bukan?

Berikut bisnis makanan yang cocok menggunakan sistem titip jual di warung, seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Keripik

Bisnis makanan yang pas dijual di warung adalah keripik. Semua jenis keripik, seperti keripik singkong, keripik kentang, keripik pisang, keripik usus, dan lainnya.

Agar tidak membosankan, tidak melulu keripik rasa original. Kamu dapat menambahkan rasa manis, pedas manis, barbekyu, keju, dan sebagainya. Penggemar keripik sangat banyak, mulai dari anak kecil sampai orang tua.

Baca juga: 3 Tips Memilih Rekan Bisnis Tepat demi Kesuksesan Usaha

2. Kerupuk

Kerupuk adalah salah satu jenis jajanan yang banyak tersedia di warung. Macam-macam kerupuk dijual, seperti kerupuk jengkol, kerupuk ikan tenggiri, kerupuk upil yang digoreng dengan pasir, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cemilan kerupuk sangat cocok dijadikan lauk pendamping. Harganya pun murah meriah, dijual mulai dari Rp 1.000.

3. Kue basah

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com