Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Komoditas Naik, MIND ID Raih Dividen dari Freeport

Kompas.com - 15/11/2021, 16:54 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan harga komoditas tambang berdampak pada penerimaan dividen bagi holding BUMN tambang, MIND ID yang disetor oleh PT Freeport Indonesia (PTFI).

Sekretaris Perusahaan MIND ID Ratih Amri mengungkapkan, ekspansi tambang bawah tanah Grasberg oleh PTFI dan peningkatan volume produksi berjalan sesuai dengan rencana.

Selain itu, kenaikan harga komoditas di pasar global khususnya emas dan tembaga turut menopang kenaikan kinerja keuangan oleh PTFI dan MIND ID. Hal ini pun diakui berdampak pada penerimaan dividen bagi pemegang saham.

Baca juga: BCA Bakal Bagikan Dividen Interim Rp 25 Per Saham

"Tahun ini PTFI telah membayarkan dividen kepada pemegang sahamnya. Pembayaran ini memang lebih cepat dari jadwal seharusnya," ungkap Ratih kepada Kontan, baru-baru ini.

Dikonfirmasi terpisah, Head Corporate Communication PTFI Riza Pratama membenarkan hal tersebut.

"Benar (pembayaran dividen), maaf kami tidak bisa memberikan angkanya," kata Riza, Minggu (14/11/2021).

Sebelumnya, MIND ID memprediksi dividen yang diperoleh dari PTFI di tahun ini bisa mencapai 200 juta dollar AS. Kemudian MIND ID diproyeksi akan mendapatkan kenaikan dividen menjadi 400 juta dollar AS di tahun 2022 mendatang.

Kenaikan dividen juga akan terjadi pada tahun 2023 di mana MIND ID diproyeksi bisa mendapatkan 1 miliar dollar AS dari Freeport Indonesia. (Filemon Agung)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Harga komoditas melonjak, MIND ID dapat dividen dari Freeport Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com