Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tips Sukses Cara Jualan Online Laris Manis untuk Pemula

Kompas.com - 17/11/2021, 11:45 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Cara jualan online untuk pemula (cara jualan online laris) bisa dibilang gampang-gampang susah. Jualan online tengah digandrungi banyak orang di Tanah Air. 

Tren berjualan ini memang sudah jadi tren dalam beberapa tahun terakhir sejak menjamurnya marketplace dan media sosial. Banyak pedagang yang sebelumnya hanya mengandalkan toko fisik, kini juga terpaksa merintis toko online. 

Berjualan online sepertinya terlihat mudah, padahal sebenarnya berjualan online juga punya tantangannya tersendiri.

Cara jualan online laris untuk pemula

Berikut ini 9 tips sukses cara jualan online untuk pemula atau cara jualan online laris sebagaimana dilansir dari Bob Vila.

Baca juga: Mengenal PayLater Online Shop yang Jadi Pesaing Kartu Kredit

1. Tetapkan harga yang wajar

Cara jualan online untuk pemula pertama yang sangat riskan adalah terkait harga produk. Penting untuk menetapkan harga yang wajar untuk memastikan bahwa barang Anda terjual tepat waktu. 

Strategi paling mudah menentukan harga, tentu dengan melihat pesaing. Jika ingin cepat terjual, Anda bisa menggunakan strategi potongan harga atau diskon namun dengan tetap mempertimbangan keuntungan. 

Selain itu, jangan ragu untuk menetapkan harga yang sedikit lebih tinggi jika menurut Anda item yang dijual memiliki kualitas yang lebih baik daripada produk serupa.

Baca juga: 15 Istilah Jual Beli Online: COD, PCB, PO, No Afgan, Tijek, hingga DM

2. Ambil foto berkualitas tinggi

Cara jualan online untuk pemula atau cara jualan online laris kedua yakni terkait foto produk. Sediakan foto berkualitas tinggi untuk menarik calon pembeli dan membiarkan mereka melihat seperti apa barang itu sebenarnya. 

Jika memungkinkan, atur foto produk dengan latar depan, latar belakang, samping dan usahakan minimalkan gangguan sehingga fokusnya ada pada produk itu sendiri. Ambil foto dari beberapa sudut untuk memberikan gambaran yang lengkap bagi calon pembeli. 

Manfaatkan cahaya alami dengan menempatkan barang di depan jendela yang cerah atau menggunakan lampu khusus jika memungkinkan. 

Jangan ragu untuk menggunakan aplikasi untuk mencerahkan foto. Meskipun mengambil foto di ponsel saat ini terbilang sudah cukup canggih. 

Sebelum memulai bisnis online, ketahui dulu cara jualan online untuk pemula atau cara jualan online laris.SHUTTERSTOCK Sebelum memulai bisnis online, ketahui dulu cara jualan online untuk pemula atau cara jualan online laris.

Baca juga: Kartu Elit Hanya untuk Kalangan Tertentu, Apa Itu Black Card?

3. Memberikan deskripsi rinci

Berjualan apa pun di online, baik marketplace, media sosial, maupun situs, harus memperhatikan deskripsi lengkap. Cara jualan online untuk pemula yakni menawarkan sebanyak mungkin detail tentang produk sehingga bisa menjawab semua pertanyaan dari calon pembeli. 

Pastikan untuk menyertakan detail lengkap seperti tentang merek, pabrikan, dan nomor model. Berikan pula informasi yang akurat dan detail yang relevan tentang kondisi barang, termasuk cacat apabila memang ada.

Jujurlah saat menjelaskan barang tersebut, terutama dalam hal ukuran, tempat asal, dan kondisinya.

4. Pastikan untuk menyertakan tag pencarian

Cara jualan online untuk pemula berikutnya yang harus diperhatikan adalah terkait kata kunci yang bisa jadi tag dalam pencarian. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com