Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Bersih PGAS Kuartal III 2021 Melonjak 437 Persen

Kompas.com - 17/11/2021, 16:13 WIB
Kiki Safitri,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) sebagai Subholding Gas Pertamina mencatatkan laba bersih sebesar 286 juta dollar AS atau setara Rp 4,07 triliun (kurs Rp 14.243 per dollar AS) per September 2021, atau meroket 437 persen dibandingkan periode sama tahun lalu atau year on year (yoy).

Direktur Utama PGN M Haryo Yunianto mengatakan, pertumbuhan positif kinerja tersebut diperoleh dari pendapatan sebesar 2,25 miliar dollar AS atau Rp 32,04 triliun.

Baca juga: Sektor Industri dan Komersial Jadi Penyumbang Terbesar Penjualan PGN

Sedangkan Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation (EBITDA) di periode yang sama mencapai 618 juta dollar AS atau Rp 8,8 triliun.

"Dengan penguasaan pasar sebesar 92 persen pangsa pasar niaga gas tanah air, Pertamina sebagai Holding BUMN Energi mengandalkan Subholding Gas Pertamina untuk membangun jaringan gas pipa tersebut," kata Haryo dalam public expose, Rabu (17/11/2021).

Untuk mencapai pertumbuhan kinerja sampai dengan akhir tahun, perseroan menerapkan beberapa kebijakan strategis. Direktur Sales & Operasi PGN, Faris Aziz mengungkapkan, kebijakan strategis itu, tercermin dari kinerja operasional dengan tren positif.

"Subholding Gas Grup berhasil mencatatkan volume niaga gas selama periode Januari–September 2021 sebesar 873 BBTUD dan naik jika dibandingkan volume niaga gas Triwulan III 2020 sebesar 812 BBTUD (YoY). Untuk volume transmisi pada periode yang sama tahun 2021 sebesar 1.238 MMSCFD," ujar Faris.

Baca juga: Go Global, Ini 7 Strategi PGN Dorong Pemanfaatan Energi Bersih

Sedangkan di bisnis Lifting Migas, PGAS juga mencetak volume upstream sebesar 6,46 MMBOE, yang tumbuh dari periode sama tahun sebelumnya sebesar 5,3 MMBOE.

Pertumbuhan tersebut ditopang oleh perbaikan kegiatan operasional dan keberhasilan aktivitas pengeboran dan eklsplorasi yang berdampak positif pada peningkatan volume lifting migas, terutama dari Blok Pangkah, Muriah, Ketapang dan Muara Bakau.

“Kenaikan pendapatan terutama dikontribusikan dari meningkatnya kontribusi dari bisnis segmen upstream. Kami juga bersyukur, tren perbaikan kinerja PGN sangat positif. Inilah yang menjadi fokus perusahaan saat ini dan ke depan," tutup Haryo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com