Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Bentuk Satgas Jelang Natal dan Tahun Baru, Ini Tugasnya

Kompas.com - 18/11/2021, 18:29 WIB
Ade Miranti Karunia,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur membuat Tim Satgas Jasa Marga Siaga di Kantor Pusat Jasa Marga. Tim Satgas ini akan bertugas tiap jelang perayaan Natal dan tahun baru.

Ia mengatakan, saat ini aktivitas masyarakat yang perlahan pulih tercermin pada peningkatan volume lalu lintas kendaraan di sebagian besar jalan tol Jasa Marga Group.

Baca juga: Menko Airlangga: PPKM Level 3 Diterapkan Saat Natal dan Tahun Baru

Peningkatan volume lalu lintas kendaraan ini juga berpotensi terjadi pada Nataru nanti.

"Untuk itu kita berkumpul dalam rangka melakukan persiapan dalam menghadapi momen pelayanan operasional Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 yang merupakan operasi kesiagaan sekaligus kemanusiaan, dengan tetap memperhatikan upaya pengendalian, pencegahan penularan dan penanggulangan Covid-19," tutur Subakti melalui siaran persnya, Kamis (18/11/2021).

Ia menambahkan, hal yang perlu menjadi perhatian Tim Satgas Jasa Marga Siaga yakni memastikan kesiapan pelayanan di gerbang dan sepanjang jalur tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group, termasuk kondisi perkerasan, keberfungsian drainase, sarana prasarana, serta pemenuhan seluruh substansi Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol.

"Kita juga akan berkoordinasi dengan Kepolisian dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan serta Satgas Penanganan Covid-19, dalam pengendalian perjalanan orang dan transportasi umum. Jasa Marga juga akan membatasi kegiatan konstruksi di jalan tol yang berpotensi mempengaruhi kondisi lalu lintas," kata Subakti.

Baca juga: Pemerintah Akan Batasi Kegiatan Masyarakat Jelang Natal dan Tahun Baru

Tidak hanya itu, Tim Jasa Marga Siaga juga harus memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan dengan melakukan pemantauan dan pengendalian pada titik-titik rawan kecelakaan, banjir, genangan, longsor.

Kemudian lokasi-lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan lalu lintas, menyiapkan strategi antisipasi penanganan kondisi darurat, serta melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di seluruh gerbang tol dan rest area.

Tim Satgas Jasa Marga Siaga Nataru 2021 terdiri atas Tim Koordinator Operasional dan Tim Koordinator Pendukung Operasional yang semuanya berjumlah 65 unit dari seluruh cabang dan anak perusahaan Jasa Marga Group di seluruh Indonesia.

Selain itu, Tim Satgas Jasa Marga Siaga Nataru 2021 memiliki Koordinator Operasional berdasarkan wilayah, yaitu wilayah metropolitan, wilayah Trans Jawa dan wilayah nusantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com