Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Augmented Reality Bisa Bantu Manajemen Kelola Bisnis

Kompas.com - 19/11/2021, 18:02 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan survey dari International Data Corporation, pada tahun 2019 tercatat ada 77 persen perusahaan global yang mulai mengembangkan AR dengan menggelontorkan dana sebesar Rp 19 miliar, memperoleh peningkatan pada produktivitas teknisi sebesar 40 persen.

Menilik besarnya manfaat dari AR, Hetra Teknologi Indonesia meluncurkan layanan AR bagi para pebisnis di Indonesia melalui Vuforia.

Vuforia Engine merupakan sebuah software yang berfungsi untuk menciptakan aplikasi AR yang dapat disebarkan ke berbagai macam telepon genggam, tablets, dan AR headsets maupun smart glasses.

Baca juga: BEI: Aturan Bursa Masih Relevan untuk Akomodasi Perusahaan Teknologi yang Akan IPO

“AR menambahkan beberapa manfaat bagi para pebisnis, seperti penyediaan langkah-langkah instruksi terkait suatu produk secara lengkap dan nyata. Hal ini memungkinkan para karyawan ataupun teknisi memahami suatu produk lebih dalam dan mudah,” kata Ayub K. Hermawan, Managing Director Hetra Teknologi Indonesia dalam siaran pers, Jumat (19/11/2021).

Sebagai teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara realitas dalam waktu nyata, AR juga memungkinkan pelanggan untuk terhubung dan berinteraksi dengan produk secara lebih nyata.

“AR juga memberikan kemudahan dalam melakukan active learning, yang artinya semua orang dapat mempelajari secara nyata kapan pun, dan dimana pun,” tambah dia.

Ayub bilang, AR merupakan masa depan baru bagi pebisnis, karena tidak hanya membuat proses pertukaran informasi menjadi lebih mudah, tapi AR juga memungkinkan pebisnis meningkatkan produktivitas dalam mengelola bisnisnya.

“Sayangnya, di Indonesia masih belum banyak yang menerapkan AR. Padahal, AR berguna untuk berbagai jenis bidang mulai dari pelayanan, pemasaran, produksi, hingga engineering,” jelas dia.

Baca juga: Manfaatkan Teknologi, Pembudidaya Ikan di Tulungagung Bisa Jual 35 Ton Ikan Per Bulan

Hingga saat ini, Vuforia telah memberikan layanan bagi lebih dari 60.000 aplikasi secara global dengan lebih dari 625 juta pengunduh di seluruh dunia.

Ia berharap, teknologi AR dapat mendukung pebisnis Indonesia untuk lebih mengembangkan usahanya melalui pemanfaatan teknologi.

“Kami berharap bisa mendukung pebisnis Indonesia, melihat banyak potensi dari adanya layanan AR ini,” tegas Ayub.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com