Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNI Fasilitasi UMKM Tembus Pasar Malaysia

Kompas.com - 29/11/2021, 17:24 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk kembali menjalin kerja sama dengan platform digital B2B e-commerce MadeinIndonesia.com, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Sabah, dan Dinas Perindustrian Jawa Barat untuk mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menembus pasar Malaysia.

Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal mengatakan, kolaborasi tersebut memberikan kesempatan kepada UMKM untuk memanfaatkan forum Business Meeting dengan calon pembeli dari Malaysia dalam Indonesian Food & Baverage Virtual Exhibition.

Baca juga: UMKM Didorong Lakukan Digitalisasi Agar Lebih Akuntabel

Kinerja perdagangan internasional antara Indonesia dan Malaysia disebut sudah berada dalam kondisi yang sangat baik pada tahun ini.

Hal itu tercermin dari data Kementerian Perdagangan yang menunjukkan, total perdagangan Indonesia–Malaysia periode Januari hingga September 2021 telah mencapai 15,05 miliar dollar AS, naik 46,4 persen secara tahunan.

Ia menuturkan, Business Meeting produk ekspor produk food and beverage ke Malaysia ini pun merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja perdagangan luar negeri Indonesia-Malaysia.

"Apalagi, BNI sebagai Bank Internasional memang tugasnya membantu pebisnis Indonesia dapat menembus pasar global. Kami harap bisnis meeting ini berakhir dengan kesepakatan bisnis dengan nilai besar guna terus mendorong semangat UMKM go global," tutur Iqbal dalam keterangannya, Senin (29/11/2021).

Menurut dia, pelaku UMKM dalam negeri memiliki kesempatan besar untuk memasarkan produknya, sebab Indonesia memiliki kesamaan kultur dengan Malaysia.

Baca juga: BNI Smart City Hadir di Surakarta, Apa Saja yang Ditawarkan?

Iqbal menyampaikan, dalam perdagangan global, banyak fasilitas yang disiapkan BNI Xpora yang digunakan, antara lain trade finance berupa advisory Letter of Credit (L/C) ekspor yang akan diterbitkan oleh pihak buyer atas beberapa pengiriman produk-produk food and beverage tersebut.

Layanan ini diberikan untuk pembeli asal Malaysia untuk jenis produk tersebut, maupun pembeli produk-produk ekspor Indonesia lainnya.

Iqbal memaparkan, BNI Xpora merupakan one stop solution bagi UKM yang berorientasi ekspor.

Melalui BNI Xpora, UKM mendapatkan dukungan berupa peningkatan kapasitas dan kualitas produksi, edukasi penyusunan laporan keuangan, hingga dukungan akses pemasaran produk ke luar negeri melalui business matchmaking dengan buyer di pasar global.

Baca juga: UU Cipta Kerja Inkonstitusional, Airlangga: Kemudahan Berusaha UMKM Tetap Berlaku

"Selain itu, BNI Xpora juga menyediakan fitur-fitur digital berupa pembiayaan Fast Trex dengan agunan dan biaya yang lebih rendah, khusus untuk para pelaku ekspor," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com