Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu ATM Magnetik Diblokir BCA, Ini yang Perlu Dilakukan Nasabah

Kompas.com - 01/12/2021, 08:52 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (Tbk) resmi memblokir penggunaan kartu debit strip magnetik pada hari ini, Rabu (1/12/2021). Dengan demikian, kartu debit lama itu sudah tidak bisa lagi digunakan untuk berbagai jenis transaksi BCA.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn mengatakan, perusahaan telah melakukan berbagai sosialisasi kepada nasabahnya untuk melakukan penukaran kartu debit menjadi kartu debit berbasis cip.

"Komunikasi antara lain melalui media massa, SMS, pemberitahuan atau notifikasi di BCA mobile dan layar ATM, serta berbagai platform sosial media," kata Hera kepada Kompas.com, Rabu.

Baca juga: BCA Blokir Kartu ATM Magnetik Mulai Hari Ini

Namun demikian, BCA mencatat masih ada nasabah yang belum melakukan penukaran kartu debit lamanya.

"Hingga Oktober 2021, jumlah Kartu Debit BCA tercatat sekitar 24,8 juta, di mana sekitar hampir 22,2 juta (sekitar 88 persen) sudah menggunakan cip," ujar Hera.

Bagi nasabah yang kartu ATM magnetiknya diblokir BCA, segera tukarkan kartu debit strip magnetik tersebut dengan kartu debit berbasis cip. Untuk memfasilitasi penukaran tersebut, BCA menyiapkan 3 jenis layanan penukaran.

Pertama, nasabah dapat menukarkan kartu debitnya secara mandiri dengan menggunakan mesin CS Digital BCA. Layanan ini dapat digunakan untuk penukaran kartu debit jenis Debit BCA dan Xpresi BCA.

Baca juga: Syarat Pengajuan KPR MLT untuk Peserta BP Jamsostek

Kemudian, nasabah juga dapat melakukan penukaran kartu debit di seluruh kantor cabang BCA. Layanan ini dipastikan dapat dilakukan nasabah tanpa pungutan biaya, atau gratis.

Apabila nasabah tidak ingin ke luar rumah, penukaran kartu debit dapat dilakukan nasabah dengan menghubungi Halo BCA 1500888 dan aplikasi haloBCA. Adapun tarif pengiriman kartu yang akan dikenakan kepada nasabah sebesar Rp 20.000.

Adapun khusus Simpanan Pelajar dan BCA Cash penggantian kartu hanya bisa dilakukan melalui Kantor Cabang BCA terdekat.

Baca juga: IHSG Diprediksi Melemah Terbatas, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com