Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendapatan Melesat, Rugi Bersih Bukalapak Menyusut

Kompas.com - 01/12/2021, 13:06 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bukalapak.com Tbk masih membukukan rugi bersih hingga kuartal III-2021. Namun demikian, pendapatan emiten teknologi ini terus melanjutkan tren pertumbuhan.

Dilansir dari laporan keuangan perusahaan, emiten dengan kode BUKA itu membukukan pendapatan sebesar Rp 484 miliar pada kuartal III-2021, tumbuh 58 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Baca juga: Lewat Fitur Ini, Mitra Bukalapak Bisa Jadi Agen Logistik SiCepat Ekspress hingga Grab

Pendapatan secara kumulatif atau sejak awal tahun hingga September 2021 sebesar Rp 1,3 triliun, yang juga tumbuh 42 persen secara yoy.

Pertumbuhan itu utamanya ditopang oleh pendapatan Mitra Bukalapak, yang melesat 258 persen secara yoy menjadi Rp 206 miliar pada kuartal III-2021, dengan kumulatif tahunan sebesar Rp 496 miliar, naik 298 persen secara yoy.

“Kontribusi Mitra Bukalapak terhadap pendapatan perseroan meningkat dari 19 persen pada kuartal III-2020 menjadi 43 persen pada kuartal III-2021,” tulis manajemen Bukalapak, dikutip Rabu (1/12/2021).

Meski pendapatan alami kenaikan, beban operasional BUKA juga alami pertumbuhan.

Pada kuartal III-2021, angkanya meningkat 27 persen secara tahunan, sementara secara keseluruhan tahun hingga akhir September 2021 hanya meningkat 4 persen secara tahunan.

Baca juga: Bukalapak Dapat Suntikan Dana dari Bank DBS Indonesia Rp 2 Triliun

Melalui berbagai inisiatif yang dilakukan, Bukalapak terus berupaya menekan kerugian Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA)-nya.

Adapun kerugian EBITDA pada 9 bulan pertama tahun ini sebesar 15 persen lebih baik dibandingkan periode yang sama di tahun lalu, dengan rasio kerugian EBITDA terhadap TPV yang membaik menjadi 1,2 persen, dari 2,2 persen pada periode yang sama tahun lalu. 

Dengan berbagai torehan tersebut, Bukalapak masih mencatatkan rugi bersih.

Pada 9 bulan pertama tahun ini, Bukalapak membukukan rugi bersih sebesar Rp 1,1 triliun, lebih rendah 19 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yakni sebesar Rp 1,4 triliun.

Baca juga: Bukalapak Luncurkan Aplikasi BukuMitra, Apa Itu?

“Di samping peningkatan efisiensi yang diiringi dengan pertumbuhan yang kuat, Bukalapak juga memiliki permodalan yang kuat dengan posisi kas Perseroan sebesar Rp 23,6 triliun pada akhir September 2021,” tulis manajemen Bukalapak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com