Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Makanan Tays Bakers Bakal IPO, Targetkan Himpun Dana Rp 86,5 Miliar

Kompas.com - 01/12/2021, 17:20 WIB
Kiki Safitri,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jaya Swarasa Agung Tbk atau Tays Bakers (TAYS), produsen makanan ringan berencana melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).

Total saham yang ditawarkan kepada publik adalah sebanyak 240 juta saham baru yang merupakan Saham Biasa Atas Nama.

Jumlah ini setara dengan 21,87 persen dari modal disetor oleh perusahaan setelah IPO.

Baca juga: Widodo Makmur Perkasa Tetapkan Harga IPO Rp 160, Incar Dana Segar Rp 707,04 Miliar

Harga yang ditawarkan adalah sebesar Rp 360 per saham dengan target perolehan dana IPO sebesar Rp 86,5 miliar.

“Hari ini PT Jaya Swarasa Agung Tbk menawarkan sahamnya kepada publik untuk pertama kalinya. Dana yang diperoleh dari hasil IPO ini Sebagian besar akan kami gunakan untuk belanja modal perusahaan,” kata CEO PT Jaya Swarasa Agung Tbk Alexander Anwar, melalui siaran pers, Rabu (1/12/2021).

Adapun rincian perolehan dana IPO, 53,69 persen untuk pembangunan pabrik baru, 38,29 persen untuk pembelian dan instalasi mesin-mesin produksi, dan sisanya sebesar 8,02 persen untuk keperluan modal kerja.

“IPO ini dilakukan lantaran setelah 20 tahun, perusahaan telah mencapai kapasitas produksi maksimal, sementara permintaan pasar terus meningkat,” kata Alexander.

Alexander mengungkapkan, dalam 20 tahun tersebut, mereka bisa bertahan melalui berbagai krisis, termasuk krisis ekonomi pada  1998, 2008, dan masa pandemi saat ini.

Baca juga: FinAccel Bersiap IPO di AS, Kini Gencar di Asia Tenggara

Tays Bakers berencana pembangunan pabrik dan penambahan kapasitas mesin yang memungkinkan perusahaan untuk berinovasi dengan produk baru.

Adapun proguk baru tersebut merupakan produk makanan ringan yang sehat dan baik dikonsumsi bagi masyarakat, termasuk juga bagi kalangan dengan kebutuhan nutrisi khusus seperti vegetarian, gluten free, low sugar ataupun kalangan umum dengan health awareness yang tinggi.

“Kami melihat perkembangan pasar healthy snacks sangat pesat, baik di Indonesia maupun manca negara. Tentunya semua inovasi snack baru ini tetap harus memiliki citarasa yang enak sesuai motto kami ‘Tays Bakers - Tastes Better‘,” tambah dia.

Direktur Investment Banking NH Korindo Sekuritas Indonesia, Amir Suhendro Samirin mengatakan, perseroan telah memperoleh efektif OJK pada tanggal 26 November 2021 dan akan melaksanakan penawaran umum pada tanggal 30 November hingga 2 Desember 2021.

Perusahaan akan mencatatkan diri pada Bursa Efek Indonesia pada 6 Desember 2021.

Baca juga: Menilik Prospek Kinerja Mitratel Jangka Panjang Pasca-IPO

“Melihat antusiasme yang diperoleh pada masa Bookbuilding lalu, kami memiliki keyakinan bahwa proses penawaran umum perdana saham Perseroan akan diminati oleh para pelaku pasar melihat juga industri Perseroan adalah industri yang sangat menarik,” ujar Amir.

Market Analyst NH Korindo Sekuritas Indonesia Dimas Pratama menambahkan, dengan potensi industri makanan ringan saat ini, Tays Bakers memiliki prospek peningkatan pasar yang cukup besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com