Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Kaum Disabilitas Produktif, Cigna Donasi Tangan Palsu Fungsional

Kompas.com - 03/12/2021, 16:33 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com  – PT Asuransi Jiwa Cigna Indonesia memberikan donasi tangan palsu fungsional kepada kaum disabilitas bagi anggota Yayasan Irma Surya Agusti (YISA) di lima kabupaten di Jawa Tengah.

Hal itu sebagai upaya untuk membangkitkan semangat kaum disabilitas kembali produktif pada masa pandemi.

“Kami berharap tangan palsu ini dapat membantu teman-teman penyandang disabilitas untuk lebih percaya diri menjalani rutinitas sehari-hari dengan lebih nyaman, mendukung mereka untuk lebih produktif,” sebut Direktur Cigna Indonesia Akhiz Nasution saat menyerahkan tangan prostetik jenis LN-4 kepada kaum disabilitas pada peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021 di Benteng Van Der Wijck di Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (3/12/2021).

Baca juga: Lewat ULD, Kemenaker Buktikan Penyandang Disabilitas Miliki Etos Kerja Baik

Akhiz mengatakan, pemberian tangan palsu itu merupakan bagian dari program Cigna Corporation bersama Ellen Meadows Prosthetic Hand Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang telah mendistribusikan lebih dari 60.000 tangan palsu jenis LN-4 gratis ke seluruh dunia sejak 2005.

Khusus di Indonesia, sejak 2018, Cigna bermitra dengan berbagai organisasi untuk mendistribusikan lebih dari 80 tangan palsu. Tahun ini, Cigna bermitra dengan YISA untuk memberikan 13 tangan palsu.

Tangan prostetik LN-4 atau tangan palsu fungsional itu adalah sebuah perangkat tangan bantu yang dipasang di bawah siku tanpa tindakan operasi. Penyandang disabilitas yang tidak memiliki tangan bisa menggunakannya untuk memegang sikat gigi, menggenggam cangkir, memegang alat tulis, alat lukis, dan aktivitas lainnya. Tangan palsu itu bisa digunakan untuk mengangkat beban hingga 10 kilogram.

“Ini buatan karyawan Cigna. Kami ingin terlibat agar orang di sekitar kita lebih maju, lebih percaya diri, dan berkarya lebih banyak. Selain tangan palsu, kami juga memberi donasi kepada yayasan yang berfokus pada kesehatan mental dan pencegahan bunuh diri,” ucap Akhiz.

YISA merupakan organisasi yang memiliki mitra lebih dari 3.000 kaum disabilitas dengan fokus kegiatan pemberdayaan melalui UMKM produsen kerajinan tangan.

Ketua YISA Irma Suryati mengapresiasi donasi Cigna Indonesia tersebut. Menurut dia, bantuan itu akan membangkitkan rasa percaya diri para penyandang disabilitas. Termasuk meningkatkan produktivitas mereka dalam bekerja.

Apalagi YISA memang menekankan bagaimana memberi pekerjaan kepada kaum disabilitas agar mampu mandiri dan produktif.

Irma Suryati sendiri merupakan penyandang disabilitas yang selama bertahun-tahun membantu menyediakan tempat bagi ribuan penyandang disabilitas untuk berkarya dan menyalurkan kreativitas mereka. Irma juga sudah mendapat banyak penghargaan nasional dan internasional atas perannya terhadap kaum disabilitas.

Menurut Irma, sebelum pandemi, mitra UMKM Mutiara Handycraft yang berjumlah lebih dari 3.000 kaum disabilitas bisa memproduksi kerajinan tangan seperti keset kaki berkarakter sebanyak 10.000 buah per bulan. Keset kaki yang dijual dengan harga mulai dari Rp 50.000 per buah itu dipasarkan secara daring. Bahkan, keset itu pernah diekspor ke Australia dan Singapura.

Namun saat pandemi lanjut Irma, permintaan keset turun, produksi juga turun menjadi hanya sekitar 5.000 buah per bulan.

Saat pandemi, sesuai masukan dari Bertrand Antolin, selebritas yang memiliki kepedulian besar pada kegiatan kaum disabilitas, pihaknya mulai memproduksi masker. Ternyata, pesanan masker melonjak. Bahkan, tahun 2020 lalu, pihaknya meraih omzet dari penjualan masker sebesar Rp 800 juta.

Baca juga: Penuhi Hak Pekerja Penyandang Disabilitas, Kemenaker Gelar Unit Layanan Disabilitas

Ekonomi membaik

Akhiz mengatakan, mulai bergeraknya aktivitas usaha di semua segmen masyarakat merupakan kabar positif bagi pelaku bisnis. Hal itu menandakan ekonomi sudah mulai bergerak ke arah lebih baik. Pihaknya juga yakin, tahun depan Cigna Indonesia akan bisa lebih berkembang dari tahun 2021 ini.

“Tahun ini pencapaian kami sudah lebih baik dari tahun 2020, walaupun belum bisa kembali ke kondisi 2019 ketika belum ada Covid-19. Tetapi, tahun 2022, kami optimistis lebih baik dari 2021, kesempatan kita semakin besar,” tutur Akhiz.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan, industri asuransi mencatat angka pertumbuhan positif dengan aset Rp 949,44 triliun atau sebesar 8,11 persen (yoy) hingga Juli 2021.

Pertumbuhan industri asuransi itu seiring pertumbuhan sektor jasa keuangan yang tetap stabil. Premi industri asuransi pada Juli juga meningkat Rp 9,86 triliun atau tumbuh 6,33 persen (yoy), terdiri dari jumlah premi asuransi jiwa mencapai Rp 107,61 triliun serta premi asuransi umum dan reasuransi Rp 58,06 triliun.

Baca juga: Kisah Arih Lystia, Penyandang Disabilitas yang Sukses sebagai Content Creator Makeup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com