Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Uang Fiat dan Plus Minusnya

Kompas.com - 04/12/2021, 10:33 WIB
Nur Jamal Shaid,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comUang fiat adalah standar mata uang yang saat ini digunakan olah hampir semua negara di dunia. Uang fiat adalah suatu alat pembayaran sah yang dikeluarkan oleh pemerintah dan didalamnya tidak memiliki nilai intrinsik.

Uang fiat itu apa?

Dilansir dari Investopedia, pengertian uang fiat adalah mata uang yang peredarannya tidak didukung oleh komoditas fisik, seperti emas atau perak. Namun pemerintah tetap menerbitkannya.

Dulu, suatu negara jika hendak mencetak uang harus mensyaratkan adanya cadangan emas di bank sentral. 

Sedangkan uang fiat itu bisa langsung cetak tanpa perlu menggunakan jaminan cadangan emas. Negara-negara sekarang pada umumnya sudah tidak menggunakan emas sebagai jaminan, tapi menggunakan uang fiat.   

Nilai uang fiat adalah ditentukan oleh hubungan antara penawaran dan permintaan serta stabilitas pemerintah yang menerbitkannya. Bukan dari nilai komoditas yang mendukungnya.

Sebagian besar mata uang kertas modern adalah mata uang fiat. Contoh uang fiat adalah rupiah, dollar AS, euro, dan mata uang Negara lainnya.

Baca juga: BI Proyeksi Inflasi Capai 1,55 Persen pada 2021

Uang fiat adalah bersifat sentralisasi atau terpusat. Karena itu, uang fiat adalah mata uang yang secara resmi dikeluarkan oleh bank sentral seperti uang fisik kertas dan koin.

Selain dapat digunakan sebagai alat tukar untuk suatu transaksi, peran uang fiat adalah sebagai penyimpan nilai, alat tukar, dan satuan hitung.

 

Uang fiat adalah mata uang yang dikeluarkan bank sentral tanpa menggunakan cadangan emas sebagai jaminanPIXABAY Uang fiat adalah mata uang yang dikeluarkan bank sentral tanpa menggunakan cadangan emas sebagai jaminan

Nilai mata uang fiat adalah dapat mengalami kenaikan ataupun penurunan jika terjadi inflasi atau deflasi.

Dari sisi penawaran, bank sentral mengontrol penuh mata uang fiat yang beredar tergantung pada kebutuhan pasar. Bank sentral juga dapat melakukan skenario ekonomi untuk mengatur peredaran mata uang fiat.

Istilah uang fiat berasal dari bahasa Latin yakni fiat, yang berarti penetapan oleh otoritas. Dalam hal ini, pemerintahlah yang menetapkan nilai mata uang dan tidak mewakili aset atau instrumen keuangan lain seperti emas atau cek.

Baca juga: Rp 12,5 Triliun Modal Asing Hengkang dari Pasar Keuangan di Awal Desember

Kelebihan uang fiat

Kelebihan uang fiat adalah lebih mudah mengikuti perkembangan ekonomi. Uang fiat diproduksi dengan sumber daya yang bisa diperbaharui, karena itu jumlahnya bisa dibuat oleh otoritas moneter, dalam hal ini bank sentral.

Uang fiat adalah bentuk mata uang yang didukung oleh pemerintah suatu negara. Dengan demikian, bentuk uang ini mempertahankan nilainya melalui stabilitas pemerintah dan ekonomi nasional.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com