Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelontorkan Rp 2 Triliun, Yili Group Bangun Pabrik Es Krim Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 13/12/2021, 08:36 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yili Group, melalui anak usahanya di Indonesia yaitu PT Yili Indonesia Dairy membangun pabrik es krim di kawasan Delta Mas, Bekasi. Perusahaan ini membangun pabrik es krim terbesar di Indonesia dengan menggelontorkan dana investasi sekitar Rp 2 triliun.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pembangunan pabrik tersebut merupakan strategi bisnis yang tepat untuk memenuhi peningkatan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap produk susu olahan.

"Kami memandang kehadiran PT Yili Indonesia Dairy dalam memproduksi es krim Joyday adalah suatu strategi bisnis yang tepat untuk memenuhi peningkatan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap produk susu olahan khususnya es krim yang berkualitas," ujar Menperin Agus pada saat peresmian pabrik di Bekasi, Jumat (10/12/2021).

Baca juga: Karena di Warung Sebelah Saja Pun Es Krim Ini Ada...

Menperin menilai dengan didirikannya pabrik ini menjadikan Indonesia sebagai hub industri es krim yang akan diekspor di negara-negara ASEAN .

Dia juga menyakini, investasi yang dilakukan oleh Yili di Indonesia akan sangat baik, sehingga percepatan pemulihan ekonomi fase berikutnya juga bisa lebih cepat.

"Ini salah satu contoh di mana Indonesia bisa dilihat sebagai negara yang menarik untuk investasi. Kami akan terus menerus memberikan dan melakukan kampanye bahwa investasi di Indoensia akan memberikan keuntungan dan kali ini kita mendapatkan kepercayaan dari Yili," ucap Menperin Agus.

Presiden Direktur PT Yili Indonesia Dairy Yu Miao mengatakan, pabrik tersebut akan mampu memproduksi merek Es Krim Joyday sebanyak 159 ton es krim per hari dengan proyeksi kapasitas produksi sampai dengan 4 juta buah es krim per hari setelah investasi tahap kedua.

"Peresmian pabrik fase pertama ini merupakan langkah awal dari investasi dan kerja sama jangka panjang dengan Indonesia," sebut dia.

Menurut Yu Miao, fasilitas produksi es krim terbesar di Indonesia dengan luas 8 hektar di atas lahan seluas 17 hektar akan menjadi basis produksi Indonesia dan Asia Tenggara.

Pabrik Yili Indonesia Dairy ini juga diproyeksikan akan membuka lebih dari 5. 000 lapangan pekerjaan baru secara langsung maupun tidak langsung.

"Kami juga akan memperluas kerja sama dan berkomitmen untuk menggunakan bahan baku lokal dari seluruh distributor di Indonesia," kata Yu Miao.

Dia menambahkan, pabrik ini mampu memproduksi 35 varian rasa es krim Joyday dengan lini distribusi yang tersebar di 260 kabupaten/kota di 26 provinsi di Indonesia.

Pihaknya juga berencana untuk mengekspor produk dari pabrik ini ke negara Asia Tenggara lainnya termasuk Singapura, Thailand, dan Myanmar.

Baca juga: Ada Pabrik Yili di Bekasi, Menperin Yakin Ri Bisa Jadi Hub Industri Es Krim di ASEAN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com