Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Indonesia, Banking Rasa Nge-gym di Financial Fitness Gym dari Nyala OCBC NISP

Kompas.com - 13/12/2021, 15:00 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Untuk mendukung generasi muda Indonesia memiliki kondisi keuangan yang fit, Bank OCBC NISP menghadirkan Financial Fitness Gym, kantor cabang pertama di Indonesia dengan konsep gym. Fasilitas ini dihadirkan untuk melatih dan menguatkan otot-otot keuangan para generasi muda.

Di sana, generasi muda akan dibantu untuk meningkatkan pemahaman finansial (knowledge), memperbaiki kebiasaan manajemen keuangan (behavior) dan meluruskan mindset agar dapat mengambil keputusan keuangan yang tepat (attitude).

Hasil riset OCBC NISP Financial Fitness Index menunjukkan bahwa generasi muda Indonesia menjadi salah satu yang memiliki literasi keuangan rendah dengan rata-rata kesehatan finansial hanya mencapai 37,72 atau jauh dibandingkan Singapura yang mencapai 61.

Baca juga: Riset OCBC NISP: Mayoritas Anak Muda Kurang Sehat Secara Finansial

Riset tersebut juga menunjukkan hanya 14,3 persen anak muda yang terlihat berusaha menuju finansial yang sehat meskipun kondisinya belum ideal.

Hal tersebut salah satunya disebabkan pemahaman yang tidak tepat terkait bagaimana mengelola keuangan. Pemberitaan media juga menunjukan fenomena ikutan tren investasi saham dengan menggunakan uang hasil utang, atau nekat terjun ke crypto currency menggunakan uang sekolah atau tabungan nikah.

“Fenomena anak muda yang saat ini memiliki aspirasi ‘kejar cuan’ dengan way of life ‘sultan’ ini tidak diimbangi dengan pengetahuan serta advisory yang tepat soal pengelolaan keuangan,” ujar National Network Head Bank OCBC NISP Jenny Hartanto seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (13/12/2021).

Untuk mendukung generasi muda Indonesia memiliki kondisi keuangan yang fit, Bank OCBC NISP menghadirkan Financial Fitness Gym.Dok Humas Bank OCBC NISP Untuk mendukung generasi muda Indonesia memiliki kondisi keuangan yang fit, Bank OCBC NISP menghadirkan Financial Fitness Gym.

Menurut Jenny, Financial Fitness Gym dari Nyala OCBC NISP hadir tidak sekadar sebagai kantor cabang untuk melakukan transaksi, tetapi mengedukasi keuangan.

“Masyarakat yang datang bisa mendapatkan pengalaman nge-gym finansial dengan rangkaian program pendampingan dan financial coach yang berpengalaman,” sambungnya.

Berlokasi di Mall Ciputra World Surabaya Mall Extension, lantai 2, masyarakat dapat menikmati fasilitas yang ada di Financial Fitness Gym dari Nyala OCBC NISP.

Mereka dapat mengikuti kelas pengelolaan keuangan untuk personal dan belajar mengenai pengelolaan bisnis yang tersedia pada Ground Area, melakukan Financial Fitness Check-Up dan konsultasi keuangan dengan financial coach di Consultation Area.

Selain itu, Financial Fitness Gym dari Nyala OCBC NISP juga menawarkan hidden gem kekinian mulai dari cuan tunnel dengan desain maskot lucky cat yang identik dengan keberuntungan dan cuan.

Ada pula Hustle Hall yang penuh dengan aktivitas finansial seru dengan interaksi teknologi yang disajikan pada Samsung Smart Signage dan Samsung Flip dari Samsung Electronics Indonesia, sehingga hasil nge-gym finansial dapat dibagikan ke gadget pengunjung dengan keamanan yang terjamin.

Bank OCBC NISP menghadirkan Financial Fitness Gym, yakni kantor cabang dengan konsep gym.Dok Humas Bank OCBC NISP Bank OCBC NISP menghadirkan Financial Fitness Gym, yakni kantor cabang dengan konsep gym.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat bersantai dan terhibur dengan menikmati fasilitas vending machine Lucky Cat, merchandise area, dan Nyala Coffee, yakni menu baru dari First Crack Coffee.

Sebagai informasi, Surabaya menjadi lokasi pertama luncurkannya Financial Fitness Gym dari Nyala OCBC NISP.Surabaya dipilih karena memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tinggi yakni 82,23 pada 2020 dan tingkat kemiskinan relatif rendah yakni 5 persen, serta pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Baca juga: Riset OCBC NISP: Mayoritas Anak Muda Kurang Sehat Secara Finansial

Bank OCBC NISP menilai, IPM dan pertumbuhan ekonomi yang baik di Surabaya harus diimbangi dengan pemahaman masyarakat yang baik tentang pengelolaan keuangan.

“Melalui Financial Fitness Gym dari Nyala OCBC NISP, kami ingin mengajak anak muda Surabaya untuk menjadi trendsetter dalam mengubah mindset anak muda di kota-kota lainnya agar menjadi #FinanciallyFit dulu, #CrazyRich kemudian,” tambah Jenny lagi.

Ia menuturkan, pihaknya ingin mengajak anak muda Surabaya dan sekitarnya untuk merasakan pengalaman nge-gym finansial dengan mengunjungi Financial Fitness Gym di Mall Ciputra World.

“Ada banyak promo dan kegiatan menarik yang bisa bikin cuan selama periode peluncuran Financial Fitness Gym dari Nyala OCBC NISP”, ujar Jenny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com