BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BCA

Lebih Waspada, Modus Kejahatan Perbankan Kini Mewujud Iklan di Media Sosial

Kompas.com - 13/12/2021, 18:42 WIB
Sri Noviyanti,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pernahkah Anda tertarik dengan iklan produk yang ada pada media sosial? Jika iya, berarti Anda tidak sendirian.

Pasalnya, iklan di media sosial memang sengaja dibuat untuk menarik warganet. Plus, iklan yang muncul biasanya disesuaikan dengan ketertarikan pengguna melalui algoritma.

Pada Instagram, misalnya, iklan yang ditawarkan menyatu dengan tampilan beranda bersama dengan postingan akun-akun yang Anda ikuti.

Karena tampilan dan pesan yang ditulis menarik serta sesuai dengan minat, Anda pun tak segan melihat, bahkan sampai mengeklik akun tersebut. Bukan tak mungkin Anda mencari tautan di dalam akun tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Baca juga: Sedang Marak, #AwasModus Pencurian Data Rahasia Perbankan!

Hal tersebut lumrah terjadi di media sosial. Namun, aktivitas itu pun kini jadi sasaran penipuan. Karenanya, Anda perlu berhati-hati.

Perlu diketahui, tak selamanya iklan yang ada di media sosial berasal dari akun resmi dan tepercaya. Ini karena persyaratan iklan pun tak menuntut banyak aturan, termasuk verifikasi akun.

Contohnya, iklan yang ditampilkan oleh akun mengatasnamakan Bank BCA di Instagram.
Jika sebelumnya penipuan mengatasnamakan bank lebih banyak dilakukan lewat sambungan telepon, email, dan aplikasi chat, kini ads di media sosial jadi cara baru para penipu mengelabui calon korban.

Adapun iklan pada Instagram yang mengatasnamakan Bank BCA memakai nama akun halobca1. Sekilas, nama dan tampilannya mirip sebagaimana akun resmi. Postingan yang diiklankan pun merupakan informasi dan layanan yang memang ditawarkan oleh Bank BCA.

Bahkan, penipu juga memberi link pada profil akunnya. Link tersebut tersambung pada aplikasi obrolan WhatsApp.

Baca juga: Niat Hati Buat Aduan pada CS Bank lewat Media Sosial Malah Kena Jebakan Penipuan

Calon korban yang terjebak biasanya merupakan individu yang sedang mencari informasi mengenai layanan Bank BCA. Akan tetapi, mereka abai dan tidak sadar bahwa akun tersebut palsu.

Terlebih, pesan dalam layanan WhatsApp pun biasanya dibuat layaknya obrolan nasabah dengan customer service.

Pada kesempatan tersebutlah, pelaku melancarkan usahanya. Dari chat WhatsApp, korban diarahkan untuk menginput data-data pribadi ke situs web palsu buatan penipu.

Data tersebut dapat diambil dan disalahgunakan untuk kepentingan penipuan berikutnya, seperti pengiriman dana tunai atau melakukan pembelanjaan.

Menjadi #GenerasiAntiModus

Untuk mengantisipasi penipuan semacam itu, Anda perlu mengenali akun resmi Bank BCA.
Berdasarkan informasi dari bca.co.id, ada empat hal yang perlu diketahui nasabah agar terhindar dari modus penipuan tersebut.

Baca juga: Ketika Aiman Mengupas Tuntas Soal Penipuan Berkedok Halo BCA

Ilustrasi akun Instagram palsu yang mengatasnamakan Bank BCA.Dok Bank BCA Ilustrasi akun Instagram palsu yang mengatasnamakan Bank BCA.
Pertama, akun resmi Instagram Bank BCA hanyalah @GoodlifeBCA. Website resmi BCA adalah bca.co.id. Selain itu, akun atau website yang mengatasnamakan Bank BCA lain berarti palsu.

Kedua, kenali akun dan website resmi Bank BCA. Waspadai situs atau akun serupa tapi palsu seperti contoh penipuan tadi. Cek semua akun resmi media sosial Bank BCA di sini.

Ketiga, jangan asal klik link palsu ataupun mengisi data-data pribadi. Perlu diketahui, Bank BCA tidak pernah meminta nasabah untuk mengisi data-data pribadi melalui sarana apa pun, termasuk link.

Keempat, jaga selalu kerahasiaan data pribadimu seperti nomor kartu, personal identification number (PIN), CVV/CVC, one time password (OTP). Ingat, #DatamuRahasiamu.

 

Laporkan akun-akun palsu

Bank BCA berkomitmen untuk menindaklanjuti akun yang mengatasnamakan Bank BCA.
Nasabah juga dapat berkontribusi dengan ikut melaporkan (report) pada Instagram apabila menemukan akun-akun palsu Bank BCA yang kerap muncul menjadi Insta Ads.

Ilustrasi pengguna instagram melaporkan akun instagram palsu mengatasnamakan bank.Dok Bank BCA Ilustrasi pengguna instagram melaporkan akun instagram palsu mengatasnamakan bank.

Caranya, klik tanda titik tiga yang ada di pojok kanan atas unggahan Insta Ads dari akun palsu Bank BCA. Lalu, pilih “Report Ad”. Selanjutnya, pilih alasan pelaporan “It’s a scam or it’s misleading”.

Dengan begitu, akun-akun tersebut diharapkan dapat di-takedown oleh pihak Instagram.
Selain itu, Anda juga dapat melaporkan langsung ke Halo BCA di 1500888 atau lewat aplikasi HaloBCA.

Hal terpenting, jadilah #Generasi AntiModus dan kenali modus-modus lainnya di www.bca.co.id/awasmodus.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com