Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah, Pesan Tiket Kereta Api Online di Indomaret

Kompas.com - 14/12/2021, 17:19 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indomaret kini melayani berbagai macam pembayaran seperti reservasi tiket kereta api. Hal ini memudahkan penumpang kereta mengingat gerai Indomaret mudah dijumpai masyarakat. Bagaimana cara pesan tiket kereta api online Indomaret?

Jika dulu pesan tiket kereta api harus datang ke stasiun dan mengantre di loket. Kini penumpang bisa reservasi tiket kereta api melalui berbagai platform yang telah bekerjasama dengan PT KAI seperti Indomaret.

Penumpang hanya perlu mendatangi gerai Indomaret terdekat untuk pesan tiket kereta api online Indomaret. Kini jumlah gerai Indomaret telah mencapai lebih dari 7.868 yang tersebar di Jawa, Madura, Bali, Sumatera dan Sulawesi.

Sebelum mendatangi gerai Indomaret terdekat, penumpang wajib menyiapkan KTP para penumpang yang akan di pesan tiket kereta api online Indomaret. Pasalnya, NIK di KTP diperlukan untuk reservasi tiket kereta api.

Baca juga: Cara Pesan Tiket Kereta Online, Praktis Cuma 5 Menit

Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret

Perlu diketahui, pesan tiket kereta api online Indomaret dikenakan biaya admin sebesar Rp 7.500. Selain itu, kelancaran reservasi tiket kereta api bergantung pada kelancaran jaringan internet di gerai Indomaret tersebut.

Berikut cara pesan tiket kereta api online Indomaret dikutip dari Tribunnews:

1. Melalui kasir Indomaret

Setelah KTP sudah disiapkan, penumpang bisa mengikuti cara reservasi tiket kereta api online Indomaret di bawah ini:

  • Menuju kasir Indomaret dan menjelaskan pada petugas kasir Indomaret ingin pesan tiket kereta api online Indomaret.
  • Setelah itu kasir akan mengecek dan mencari tiket kereta api, lengkap dengan jenis kereta api, rute, jadwal keberangkatan, serta harga tiketnya.
  • Setelah selesai, pilih stasiun, jenis kereta api, waktu keberangkatan, dan harganya.
  • Tak hanya itu, ada juga pilihan untuk memilih nomor gerbong dan nomor kursi buat tempat duduk selama perjalanan meggunakan tiket kereta api.
  • Jika pilihan sudah sesuai dengan yang diinginkan, bayar tiket kereta api online Indomaret tersebut sesuai jumlah yang tertera.
  • Setelah pembayaran sukses, petugas kasir akan memberikan struk pembelian yang harus ditukarkan dengan tiket kereta api di stasiun keberangkatan.

Baca juga: Ini Syarat dan Cara Daftar GrabFood Gratis

Ilustrasi reservasi tiket kereta api.KAI Daop 1 Jakarta Ilustrasi reservasi tiket kereta api.

2. Melalui mesin pemesanan di Indomaret

Carilah mesin LCD untuk pembelian pesan tiket kereta api online Indomaret. Biasanya berada di depan kasir dan dekat pintu keluar masuk. Berikut cara reservasi tiket kereta api online Indomaret berdasarkan situs klikindomaret.com:

  • Mulai pencarian dengan mengisi rute kota atau stasiun asal dan tujuan, tanggal perjalanan, serta jumlah penumpang.
  • Lihat detail kereta seperti nama kereta, jadwal berangkat dan tiba, hingga harga.
  • Lalu pilih jadwal kereta yang diinginkan, lalu pilih Pesan Tiket Pergi.
  • Isi data pemesan yang dapat dihubungi dan data penumpang yang akan berangkat. Pastikan data yang dimasukkan benar.
  • Penumpang dapat memilih kursi serta gerbong kereta api dan lanjut kehalaman pembayaran pesan tiket kereta api online Indomaret.
  • Periksa kembali data diri, serta rute jadwal kereta. Silahkan lanjut pada halaman pembayaran reservasi tiket kereta api online Indomaret.
  • Pilih metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan dan lakukan pembayaran sebelum batas waktu habis.
  • Setelah pembayaran sukses diterima, e-tiket akan terkirim otomatis ke alamat email maksimal 50 menit sejak pembayaran dilakukan.

Baca juga: Cara Top Up E-money Mandiri Melalui ATM dan Kantor Pos

Kemudian pada hari keberangkatan, penumpang harus membawa e tiket kereta api online Indomaret ke stasiun keberangkatan. Usahakan tiba di stasiun paling lambat 60 menit sebelum jam keberangkatan.

Kemudian penumpang bisa mengikuti langkah berikut untuk mencetak boarding pass menggunakan kode booking yang ada di e tiket kereta api online Indomaret:

  • Pergi ke mesin check-in.
  • Buka Pesanan pada Traveloka App Anda dan temukan e-tiket Anda.
  • Masukkan kode booking atau pindai barcode ke mesin check-in.
  • Cetak boarding pass Anda.

Selain melayani pesan tiket kereta api online Indomaret, penumpang juga bisa melakukan pembayaran tiket kereta api yang sudah dipesan secara online di e-commerce atau platform lainnya.

Pesan tiket kereta api online Indomaret lebih baik dipesan dari jauh hari sebelum waktu keberangkatan. Selain untuk menghindari kehabisan tiket, penumpang juga dapat leluasa memilih jadwal tiket kereta api online Indomaret.

Baca juga: Cara Pesan, Refund, dan Reschedule Traveloka Tiket Kereta Api Online

Pasalnya, stok tiket kereta api online Indomaret masih tersedia banyak serta pilihan kelas dan kursi masih beragam. Hal ini juga memungkinkan penumpang untuk mengubah jadwal reservasi tiket kereta api online Indomaret tanpa tergesa-gesa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com