Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Rencana Ganjil Genap di Jalan Tol Saat Nataru, Ini Kata Jasa Marga

Kompas.com - 14/12/2021, 18:40 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero ) Tbk (JSMR) menyatakan kesiapannya dalam mendukung rencana kebijakan penerapan ganjil genap di jalan tol selama momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.
Kabarnya, kebijakan tersebut akan diimplementasikan di empat ruas tol secara situasional dan bisa bertambah.

Kendati begitu, Sekretaris Perusahaan Jasa Marga Reza Febrino mengatakan, hingga saat ini kebijakan pemberlakuan ganjil genap di jalan tol masih menunggu keputusan pemerintah.

Baca juga: PPKM Level 3 Serentak Batal, Bagaimana Nasib Ganjil-Genap di Tol 20 Desember-2 Januari?

Kalaupun kebijakan itu diberlakukan, Reza menilai hal tersebut tidak akan memberikan dampak yang besar untuk Jasa Marga.

"Sejauh ini potensi adanya penurunan volume lalu lintas tidak terlalu signifikan saat diberlakukan kebijakan ganjil genap tersebut,” kata Reza kepada Kontan.co.id, Selasa (14/12/2021).

Malahan, Reza memperoyeksi akan ada kenaikan volume lalu lintas harian pada momen Nataru mendatang.

Baca juga: Daftar Jalan Tol yang Terapkan Ganjil Genap Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2022

"Pada periode Nataru (20 Desember 2021-4 Januari 2022) diproyeksikan ada kenaikan volume lalu lintas harian sebesar 11 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya,” terangnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Kemenhub berencana menerapkan sistem ganjil genap di jalan tol mulai 20 Desember 2021-2 Januari 2022.

Adapun ruas jalan tol yang akan diterapkan tersebut adalah Tol Tangerang-Merak, Tol Bogor-Ciawi-Cigombong, Tol Cikampek-Palimanan-Kanci, dan Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi. (Ika Puspitasari)

Baca juga: Menhub: Penerapan Ganjil-Genap Cegah Kepadatan di Kawasan Wisata

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Ini kata Jasa Marga (JSMR) soal penerapan ganjil genap di tol pada momen nataru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com