Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Airlangga: PSN Bisa Serap 11 Juta Lebih Tenaga Kerja

Kompas.com - 15/12/2021, 13:35 WIB
Fika Nurul Ulya,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) mampu menyerap lebih dari 11 juta tenaga kerja. Penyerapan tenaga kerja ini bersifat langsung maupun tidak langsung.

Adapun hingga November 2021, pemerintah sudah menyelesaikan 124 PSN. Masih ada 8 proyek lagi yang rencananya selesai di akhir tahun 2021 sehingga total penyelesaian menjadi 132 PSN.

"PSN yang sudah selesai menciptakan lebih dari 11 juta tenaga kerja. Selain itu investasi pembangunan PSN di berbagai sektor memiliki manfaat terhadap pengembangan wilayah dan ekonomi daerah serta nilai tambah industri," kata Airlangga dalam konferensi pers, Rabu (15/12/2021).

Baca juga: Kejar 8 Proyek, KPPIP Targetkan 132 PSN Selesai Akhir Tahun 2021

Airlangga berharap penyerapan tenaga kerja mampu menjawab isu ketenagakerjaan pasca pandemi Covid-19. Apalagi keberadaan PSN di tengah pandemi terbukti tetap meningkatkan investasi, dan menciptakan lapangan.

Menurutnya, PSN yang tersebar di berbagai wilayah juga bisa meningkatkan kualitas infrastruktur secara langsung dan mengurangi kesenjangan pertumbuhan pendapatan per kapita maupun kesejahteraan antar daerah secara jangka panjang.

"Kita berharap penyelesaian PSN dapat menimbulkan multiplier effect secara sosial sehingga ekonomi akan terus bertambah seiring penyelesaian berbagai proyek strategis," ucapnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, pemerintah bersama Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) akan terus mengawal upaya penyelesaian 208 proyek dan 10 program PSN.

Dari sisi pembiayaan, proyek strategis didorong menggunakan pembiayaan kreatif (creative financing) seperti kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Tujuannya, agar PSN dapat dilaksanakan dan mengurangi beban APBN.

Baca juga: Menko Airlangga: Berbagai Indikator Utama Ekonomi Menunjukkan Tren Positif

"Keterbatasan APBN maupun daerah dorong pemerintah untuk mendorong kolaborasi dengan swasta guna memenuhi kebutuhan belanja infrastruktur pada periode 2020-2024," beber dia.

Ketua Tim Pelaksana KPPIP, Wahyu Utomo menambahkan, komite masih menghitung angka pasti penyerapan tenaga kerja dari pembangunan PSN dari tahun 2016-2021.

Dia memperkirakan, percepatan pembangunan PSN akan menambah 1,9 juta lapangan kerja di berbagai daerah.

"Kita perkirakan ada 1,9 juta orang bisa diserap yang timbul akibat percepat PSN, tersebar di berbagai daerah dan ini menjadi kunci pasca pandemi. Kalau PSN masih kita dorong, kita harap peningkatan tenaga kerja lebih banyak," pungkas dia.

Baca juga: Airlangga: Transaksi E-commerce Diproyeksi Naik Jadi Rp 395 Triliun pada 2021

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com