Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Pengusaha Tolak Keputusan Anies Naikkan UMP DKI | Sandiaga Uno Gugat Indosat

Kompas.com - 20/12/2021, 05:40 WIB
Erlangga Djumena

Editor

1. Pengusaha Tolak Keputusan Anies Naikkan UMP DKI 5,1 Persen, Bakal Gugat ke PTUN

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan telah merevisi penetapan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta tahun 2022 menjadi sebesar 5,1 persen atau Rp 4.641.854.

UMP itu naik dari semula 0,85 persen atau hanya naik Rp 37.749 dari besaran UMP 2021, menjadi naik sebesar 5,1 persen atau setara Rp 225.667 dari UMP tahun sebelumnya.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) pun keberatan dengan keputusan UMP tersebut dan berencana menggugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Kami sangat menyayangkan sekali atas kebijakan tersebut," ujar Wakil Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Apindo DKI Jakarta Nurjaman kepada Kompas.com, Minggu (19/12/2021).

Selengkapnya simak di sini

2. Kenapa Sandiaga Uno Gugat Indosat?

Perusahaan telekomunikasi PT Indosat Tbk (ISAT) digugat oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Gugatan ini dilayangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Selain Indosat, Sandiaga Uno juga turut menggugat PT Grahalintas Properti, dan PT Sisindosat Lintasbuana.

Berdasarkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), gugatan ini bernomor 779/Pdt.G/2021/PN Jkt.Pst, didaftarkan pada 14 Desember 2021.

Dalam petitumnya, Sandiaga Uno meminta pengadilan untuk mengabulkan gugatan untuk seluruhnya dan menyatakan tergugat telah melakukan perbuatan melawan hukum.

Baca selengkapnya di sini

3. Ini Sosok Ciliandra Fangiono, Jadi Pemuda Terkaya Indonesia Berkat Warisan Bisnis Sawit Ayahnya

Di usianya yang relatif masih muda, 45 tahun, Ciliandra Fangiono menempati posisi ke-24 orang terkaya Indonesia dengan usia paling muda.

Total kekayaan bersihnya, seperti dirilis Forbes, ditaksir mencapai Rp 1,83 miliar dollar AS atau setara Rp 26,1 triliun (kurs Rp 14.300). Sumber kekayaan Ciliandra berasal dari perkebunan sawit warisan dari ayahnya, Martias, yang dirintis 20 tahun lalu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com